Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips



Pada sebuah lembaga seperti sekolah, kantor, perusahaan dan berbagai jenis organisasi, tidak terlepas dengan yang namanya administrasi. Administrasi adalah suatu kegiatan guna mengelola informasi secara sistematis, dengan tujuan untuk memudahkan pencarian kembali. Administrasi, biasanya identik dengan surat menyurat, pengarsipan atau dan sebagainya.

Dalam sebuah lembaga atau organisasi, pasti melakukan kegiatan-kegiatan. Suatu kegiatan perlu perencanaan. Oleh karenanya, maka dibuatlah yang namanya proposal. Penyusunan proposal memerlukan format khusus, agar tampak sistematis, dan biasanya ditampilkan dalam tabulasi, khususnya yang menyangkut perhitungan anggaran ataupun penjadwalan.

Akhir dari sebuah kegiatan selalu ada laporan pertanggung-jawaban. Laporan yang berupa data biasanya disajikan dalam tabel dan di-visualisasikan dalam bentuk grafik. Sehingga, akan menjadi lebih mudah untuk dipahami, serta lebih menarik pada tampilannya.

Tabel

Di gunakan sebagai bentuk untuk menyajikan perhitungan dalam proposal, jadwal untuk menyusun rencana kegiatan dan laporan keuangan pada laporan kegiatan.

Grafik

Di gunakan untuk menganalisis perkembangan pada suatu hasil kegiatan dengan tampilan visual yang menarik dan mudah dibaca. Menginformasikan hasil dari suatu kegiatan atau mengundang untuk menghadiri sebuah kegiatan sekaligus kepada orang banyak, maka akan membutuhkan sebuah surat yang formatnya sama dengan alamat tujuan yang berbeda. Untuk itu, maka digunakanlah fasilitas yang bernama mailmerge. Semua ini telah tersedia dalam program pengolah kata OpenOffice.org Writer.

Halaman Terkait:
| Membuat tabel | Menyajikan data dengan grafik |

Post a Comment