Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Sebuah thread merupakan sebuah pengontrol aliran program. Untuk lebih mudahnya, bayangkanlah thread sebagai sebuah proses yang akan dieksekusi di dalam sebuah program tertentu. Thread adalah suatu bagian program yang tidak tergantung pada bagian lain, dan dapat dijalankan secara bersama-sama. Hal ini berarti, suatu thread dapat diberhentikan atau diistirahatkan tanpa harus menghentikan yang lainnya. Pada Java, setiap thread dikontrol oleh suatu obyek unik turunan Thread, yang didefinisikan di dalam paket java.lang.

Pada saat sebuah program Java dijalankan, sebenarnya terdapat satu thread yang secara otomatis dibuat. Thread ini biasa disebut sebagai thread utama. Thread ini merupakan induk dari thread-thread yang lain. Meskipun thread utama ini otomatis dijalankan, tetapi kita dapat mengendalikannya melalui obyek Thread dengan memanggil method currentThread(). Perhatikan contoh berikut.

Contoh 8.19. Thread utama.

class ThreadUtama {
public static void main(String[] args)
throws InterruptedException {

// mendapatkan thread yang sedang aktif
Thread tUtama = Thread.currentThread();

// menampilkan informasi tentang thread
System.out.print("Informasi thread: ");
System.out.println(tUtama.toString());

for (int i=0; i<5; i++) {
System.out.println("Detik ke-" + (i+1));
Thread.sleep(1000); // membuat delay selama 1 detik
}
}
}

Pada contoh di atas, kita mendefinisikan thread dengan nama Utama. Variabel ini kita gunakan untuk menangkap thread utama yang sedang berjalan pada program dengan perintah Thread.currentThread(). Kemudian informasi tentang thread ini kita tampilkan di layar. Pada baris yang dimulai dengan for, kita akan menggunakan perintah untuk mengontrol thread yang sedang berjalan. Kita menggunakan method sleep untuk mengontrol thread agar menunda pekerjaan selama 1 detik tiap kali pengulangan. Cobalah ketik kode di atas, kemudian jalankan. Kemudian coba hapus baris Thread.sleep(1000);. Jalankan lagi program. Apa yang berbeda?

Halaman Terkait:
| Multi threading | Pembuatan dan penggunaan thread | Multi-thread |

Post a Comment