Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Tujuan mengetahui karakteristik siswa (Learner Characteristics) adalah untuk mengukur, apakah siswa akan mampu mencapai tujuan belajarnya atau tidak; sampai di mana minat siswa terhadap pelajaran yang akan dipelajari. Bila siswa mampu, hal-hal apa yang memperkuat dan bila tidak mampu hal-hal apa yang menjadi penghambat. Hal-hal yang perlu diketahui dari siswa bukan hanya dilihat faktor-faktor akademisnya, tetapi juga dilihat faktor-faktor sosialnya, sebab kedua hal tersebut sangat mempengaruhi proses belajar siswa.

Hal-hal yang perlu diketahui tersebut adalah sebagai berikut:

Faktor-faktor akademis
  • Berapa jumlah siswa dalam satu kelas.Apa latar belakang pendidikan (sekolah yang pernah ditempuh).
  • Bagaimana nilai rata-rata yang dicapai tiap sekolah/kursus/latihan yang pernah dialami.
  • Apakah siswa mempunyai kebiasaan bekerja sendiri.
  • Bagaimana kebiasaan belajar siswa.
  • Apakah siswa sudah mengetahui serba sedikit latar belakang pokok bahasan yang akan dipelajari.
  • Apakah tingkat inteligensia siswa tinggi, sedang, atau rendah.
  • Apakah siswa mampu membaca cepat.
  • Apa saja yang dikuasai oleh siswa (student achievement).
  • Bagaimana motivasi belajar siswa.
  • Apakah yang menjadi harapan siswa setelah mempelajari pokok bahasan tersebut.
  • Bagaimana aspirasi kebudayaan dan vokasional siswa.

Faktor-faktor sosial

  • Umur.
  • Kematangan.
  • Perhatian (minat).
  • Apakah ada siswa teladan dalam satu kelas.
  • Apakah ada siswa yang cacat fisik.
  • Bagaimana hubungan antar siswa.
  • Bagaimana latar belakang sosial-ekonomis.

Kondisi Belajar


Menurut Dunn and Dunn, kondisi belajar dapat mempengaruhi konsen­trasi, penerapan dan penerimaan informasi. Pengaruh kondisi ling­kungan tempat belajar terhadap seseorang dapat mengakibatkan reaksi yang berbeda-beda. Kita Sering menyaksikan bahwa anak-anak muda lebih suka (comfortable) belajar sambil mendengarkan musik dari radio atau tape recorder di sampingnya, dengan volume yang cukup besar. Orang lain lebih suka belajar dalam ruangan yang tenang.

*Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai Perencanaan Desain Instruksional

Post a Comment