Hal-hal yang perlu diketahui tersebut adalah sebagai berikut:
Faktor-faktor akademis
- Berapa jumlah siswa dalam satu kelas.Apa latar belakang pendidikan (sekolah yang pernah ditempuh).
- Bagaimana nilai rata-rata yang dicapai tiap sekolah/kursus/latihan yang pernah dialami.
- Apakah siswa mempunyai kebiasaan bekerja sendiri.
- Bagaimana kebiasaan belajar siswa.
- Apakah siswa sudah mengetahui serba sedikit latar belakang pokok bahasan yang akan dipelajari.
- Apakah tingkat inteligensia siswa tinggi, sedang, atau rendah.
- Apakah siswa mampu membaca cepat.
- Apa saja yang dikuasai oleh siswa (student achievement).
- Bagaimana motivasi belajar siswa.
- Apakah yang menjadi harapan siswa setelah mempelajari pokok bahasan tersebut.
- Bagaimana aspirasi kebudayaan dan vokasional siswa.
Faktor-faktor sosial
- Umur.
- Kematangan.
- Perhatian (minat).
- Apakah ada siswa teladan dalam satu kelas.
- Apakah ada siswa yang cacat fisik.
- Bagaimana hubungan antar siswa.
- Bagaimana latar belakang sosial-ekonomis.
Kondisi Belajar
Menurut Dunn and Dunn, kondisi belajar dapat mempengaruhi konsentrasi, penerapan dan penerimaan informasi. Pengaruh kondisi lingkungan tempat belajar terhadap seseorang dapat mengakibatkan reaksi yang berbeda-beda. Kita Sering menyaksikan bahwa anak-anak muda lebih suka (comfortable) belajar sambil mendengarkan musik dari radio atau tape recorder di sampingnya, dengan volume yang cukup besar. Orang lain lebih suka belajar dalam ruangan yang tenang.
*Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai Perencanaan Desain Instruksional
Post a Comment