Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

 Notice:       "Please Translate by pressing the Translate button on the side"


TDC Candra - Sobat semua , kali ini saya akan menerangkan sistem pembelajaran yang meliputi Tentang Pengertian , Bentuk , dan Karakteristik Asteroid .

Kalau bicara tentang Asteroid , pasti semua sudah tahu . Apalagi Indonesia sudah dilengkapi dengan berbagai manusia manusia yang pintar dan fasilitas pendidikan yang sangar baik . Untuk lebih mengingatkan , Asteroid adalah semacam benda langit yang jumlahnya sangat banyak dan mengelilingi planet - planet . Jadi jumlah Asteroid kurang lebih 1.000 buah dan biasanya berjatuhan di planet dan ketika berjatuh akan disebut sebagai meteroit .

Sebelum ke tahap selanjutnya , saya akan menjelaskan secara singkat karakteristik Asteroid .
Karakteristik Utama Asteroid : - Berada diantara garis edar planet Mars dan Jupiter
                                               - Arah revolusi asteroid sama dengan arah revolusi planet
                                               - Bentuk orbit asteroid juga berbentuk elips

Kalau sudah dibaca , kita akan lanjut ke Tahapan bacaannya . Untuk mempersingkat waktu , langsung saja ya  ..



A. Pengertian Asteroid
Asteroid (dari bahasa Yunani, ?st?? "bintang" + e?d?? "seperti", dalam bentuk), kadang-kadang dikelompokkan dengan centaur, trojan Neptunus dan objek trans-Neptunus menjadi planet minor atau planet, adalah kelas kecil tubuh Sistem Surya di orbit mengelilingi matahari. The "asteroid" istilah historis diterapkan untuk semua obyek astronomi yang mengorbit Matahari yang tidak diamati memiliki karakteristik dari suatu komet aktif atau planet, tetapi telah semakin datang untuk terutama mengacu pada badan berbatu dan logam kecil dari Solar batin Sistem dan keluar ke orbit Jupiter. Sebagai obyek kecil di luar tata surya sudah mulai ditemukan komposisi yang diamati berbeda dari objek historis disebut asteroid. Harbouring didominasi bahan volatil berbasis serupa dengan komet daripada asteroid berbatu atau logam lebih akrab, mereka sering dibedakan dari mereka.
Ada jutaan asteroid, dan seperti kebanyakan kecil lainnya Sistem tubuh Surya asteroid dianggap sisa-sisa planetesimal, bahan dalam nebula surya Matahari muda yang belum tumbuh cukup besar untuk membentuk planet. Sebagian besar asteroid yang dikenal orbit di sabuk utama asteroid antara orbit Mars dan Jupiter, namun banyak keluarga ada orbital berbeda dengan populasi yang signifikan termasuk Jupiter Trojans dan asteroid dekat Bumi. asteroid Individu dikategorikan dengan spektrum karakteristik mereka, dengan mayoritas jatuh ke dalam tiga kelompok utama: C-type, S-jenis, dan M-tipe. Biasanya ini diidentifikasi dengan komposisi karbon kaya, berbatu, dan logam masing-masing.

B. Penemuan Asteroid
Planet kecil pertama bernama, Ceres, ditemukan pada tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi, dan pada awalnya dianggap sebagai planet baru. [Catatan 1] Hal ini diikuti oleh penemuan badan serupa lainnya, yang dengan peralatan waktu itu tampaknya poin cahaya, seperti bintang, menunjukkan sedikit atau tidak ada disc planet (meskipun mudah dibedakan dari bintang-bintang karena gerakan nyata mereka). Hal ini mendorong astronom Sir William Herschel mengusulkan istilah "asteroid", dari aste??e?d?? Yunani, bintang = asteroeides = bintang-seperti, berbentuk bintang, dari Ast?? Yunani kuno, aster. Dalam paruh kedua awal abad kesembilan belas, istilah "asteroid" dan "planet" (tidak selalu memenuhi syarat sebagai "kecil") masih digunakan secara bergantian, misalnya, para Tahunan Ilmiah Discovery untuk 1871, halaman 316, reads "Profesor J. Watson telah diberikan oleh Paris Academy of Sciences, hadiah astronomi, Lalande dasar, untuk penemuan 8 asteroid baru dalam satu tahun. Planet Lydia (No. 110), ditemukan oleh M. Borelly di Marseilles Observatorium [ ...] M. Borelly pernah menemukan 2 planet bertuliskan angka 91 dan 99 dalam sistem revolving asteroid antara Mars dan Jupiter ".

C. Simbol Asteroid
Asteroid pertama ditemukan ditugaskan simbol seperti yang secara tradisional digunakan untuk menunjuk Bumi, Bulan, Matahari dan planet-planet. Simbol cepat menjadi kaku, sulit untuk menggambar dan mengenali. Pada akhir tahun 1851 ada 15 asteroid diketahui, masing-masing (kecuali satu) dengan simbol sendiri (s).
Johann Franz Encke membuat perubahan besar dalam Berliner Astronomisches Jahrbuch (BAJ, Berlin Astronomical Yearbook) untuk 1854. Dia memperkenalkan dikelilingi angka bukan simbol, meskipun penomoran nya dimulai dengan Astraea, empat pertama asteroid akan terus dinotasikan dengan simbol tradisional mereka. Inovasi simbolis sangat cepat diadopsi oleh komunitas astronomi. Tahun berikutnya (1855), nomor Astraea adalah bertemu sampai 5, tetapi Ceres melalui Vesta akan dicatatkan dengan jumlah mereka hanya dalam edisi 1867. Sebuah asteroid lagi (28 Bellona, 35 Leukothea, dan 37 Fides ) akan diberikan simbol dan angka. Lingkaran akan menjadi sepasang tanda kurung, dan tanda kurung kadang-kadang dihilangkan sama sekali selama beberapa dekade mendatang.

D. Metode Sejarah Asteroid
Metode penemuan Asteroid telah meningkatkan selama dua abad terakhir. Pada tahun-tahun terakhir abad ke-18, Baron Franz Xaver von Zach terorganisir kelompok dari 24 astronom untuk mencari langit untuk planet yang hilang diperkirakan di sekitar 2,8 AU dari Matahari oleh hukum Titius-Bode, sebagian karena penemuan, dengan Sir William Herschel pada tahun 1781, dari planet Uranus pada jarak yang diprediksi oleh hukum. Tugas ini mengharuskan grafik langit yang ditarik tangan disiapkan untuk semua bintang di band dgn mintaku'lburuj turun ke disepakati batas pingsan. Pada malam-malam berikutnya, langit akan memetakan lagi dan setiap benda bergerak akan, mudah-mudahan, akan terlihat. Gerakan yang diharapkan dari planet yang hilang adalah sekitar 30 detik busur per jam, mudah dilihat oleh pengamat.
Asteroid pertama, 1 Ceres, tidak ditemukan oleh seorang anggota kelompok, melainkan secara tidak sengaja pada tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi, direktur observatorium dari Palermo di Sisilia. Ia menemukan sebuah objek bintang-seperti baru di Taurus dan mengikuti perpindahan obyek ini selama beberapa malam. Rekannya, Carl Friedrich Gauss, yang digunakan pengamatan ini untuk menemukan jarak yang tepat dari objek yang tidak dikenal ke Bumi. perhitungan Gauss 'menempatkan objek antara planet Mars dan Jupiter. Piazzi nama setelah Ceres, dewi pertanian Romawi.
Tiga asteroid lain (2 Pallas, Juno 3, dan 4 Vesta) ditemukan selama beberapa tahun ke depan, dengan Vesta ditemukan pada tahun 1807. Setelah delapan tahun lagi pencarian tanpa hasil, astronom paling berasumsi bahwa tidak ada lagi dan ditinggalkan setiap pencarian lebih lanjut.
Namun, Karl Ludwig Hencke bertahan, dan mulai mencari asteroid lebih pada tahun 1830. Lima belas tahun kemudian, ia menemukan 5 Astraea, asteroid baru pertama dalam 38 tahun. Dia juga menemukan 6 Hebe kurang dari dua tahun kemudian. Setelah ini, para astronom lain bergabung dalam pencarian dan setidaknya satu asteroid baru ditemukan setiap tahun setelah itu (kecuali perang tahun 1945). pemburu asteroid Terkemuka dari era awal adalah JR Hind, Annibale de Gasparis, Robert Luther, HMS Goldschmidt, Jean Chacornac, James Ferguson, Norman Robert Pogson, EW Tempel, JC Watson, CHF Peters, A. Borrelly, J. Palisa, Henry saudara dan Auguste Charlois.
Pada tahun 1891, bagaimanapun, Max Wolf mempelopori penggunaan astrophotography untuk mendeteksi asteroid, yang muncul sebagai garis pendek pada piring panjang-paparan fotografi. Hal ini secara dramatis meningkatkan tingkat deteksi dibandingkan dengan metode visual sebelumnya: Wolf saja ditemukan 248 asteroid, dimulai dengan 323 Brucia, sedangkan hanya sedikit lebih dari 300 telah ditemukan sampai saat itu. Diketahui bahwa ada banyak lagi, tapi kebanyakan astronom tidak repot-repot dengan mereka Menyebut mereka "kutu dari langit", sebuah frase karena Edmund Weiss Bahkan satu abad kemudian,. Hanya beberapa ribu asteroid diidentifikasi, nomor dan nama.
� Metode Manual tahun 1900-an dan pelaporan modern
Sampai tahun 1998, asteroid itu ditemukan oleh proses empat langkah. Pertama, wilayah langit difoto oleh teleskop bidang lebar, atau Astrograph. Pasang foto yang diambil, biasanya satu jam terpisah. Beberapa pasangan bisa diambil alih serangkaian hari. Kedua, dua film dari wilayah yang sama dilihat dalam sebuah stereoscope. Setiap badan di orbit sekitar Matahari akan bergerak sedikit antara sepasang film. Dalam stereoscope, gambar tubuh akan tampak melayang sedikit di atas latar belakang bintang-bintang. Ketiga, sekali benda yang bergerak telah diidentifikasi, lokasinya akan diukur tepat dengan menggunakan mikroskop digitalisasi. Lokasi akan diukur relatif terhadap lokasi bintang dikenal.
Ketiga langkah pertama tidak merupakan penemuan asteroid: pengamat hanya menemukan sebuah penampakan, yang mendapat penunjukan sementara, terdiri dari tahun penemuan, surat yang mewakili setengah bulan penemuan, dan akhirnya surat dan nomor yang menunjukkan penemuan's berurutan nomor (contoh: 1998 FJ74).
Langkah terakhir dari penemuan adalah mengirimkan lokasi dan waktu pengamatan ke Minor Planet Center, di mana program komputer menentukan apakah suatu hubungan penampakan penampakan bersama-sama pertama pada orbit tunggal. Jika demikian, objek menerima nomor katalog dan pengamat dari kemunculan pertama dengan orbit dihitung dideklarasikan penemu, dan diberikan kehormatan penamaan objek tunduk pada persetujuan dari Persatuan Astronomi Internasional.
� Metode Komputerisasi
Ada peningkatan minat dalam mengidentifikasi asteroid yang mengorbit bumi silang, dan itu bisa, dengan waktu yang cukup, bertabrakan dengan Bumi (lihat asteroid Bumi-crosser). Tiga kelompok paling penting dari asteroid dekat Bumi adalah Apolos, Amors, dan Atens. Berbagai strategi defleksi asteroid telah diusulkan, sejak 1960-an.
The-dekat Bumi asteroid Eros 433 telah ditemukan sejak tahun 1898, dan 1930-an membawa sebuah kebingungan benda semacam itu. Dalam rangka penemuan, ini adalah: 1221 Amor, 1862 Apollo, 2101 Adonis, dan akhirnya 69230 Hermes, yang mendekati dalam 0.005 AU dari Bumi pada tahun 1937. Para astronom mulai menyadari kemungkinan dampak Bumi.
Dua peristiwa di dekade kemudian meningkat alarm: peningkatan penerimaan hipotesis Walter Alvarez 'bahwa dampak acara mengakibatkan kepunahan Cretaceous-Tersier, dan observasi 1994 dari Komet Shoemaker-Levy 9 menabrak Jupiter. Militer AS juga dibuka untuk publik informasi yang satelit militer, dibangun untuk mendeteksi ledakan nuklir, telah mendeteksi ratusan dampak atas suasana oleh objek berkisar antara satu sampai 10 meter.
Semua pertimbangan ini membantu memacu peluncuran sistem otomatis yang sangat efisien yang terdiri dari Charge-Coupled Device (CCD) kamera dan komputer langsung tersambung ke teleskop. Sejak tahun 1998, sebagian besar dari asteroid telah ditemukan oleh sistem otomatis tersebut. Daftar tim menggunakan sistem otomatis tersebut meliputi :
� Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) tim
� Dekat-Earth Asteroid Tracking (NEAT) tim
� Spacewatch
� The Lowell Observatory Near-Earth-Object Search (LONEOS) tim
� Survei Catalina Sky (CSS)
� The Campo Imperatore Near-Earth Objects Survey (CINEOS) tim
� Jepang The Association Spaceguard
� Survei Asteroid Asiago-DLR (ADAS)
Sistem LINEAR sendiri telah menemukan 97.470 asteroid, pada tanggal 18 Maret 2008. Di antara semua sistem otomatis, 4711 asteroid dekat Bumi telah ditemukan termasuk lebih dari 600 lebih dari 1 km (0.6 mil) di diameter. Tingkat penemuan mencapai puncaknya pada tahun 2000, ketika 38.679 planet minor diberi nomor, dan telah turun terus sejak itu (719 planet minor yang berjumlah 2007).


E. Terminologi Asteroid
Secara tradisional, tubuh kecil mengorbit Matahari dikategorikan sebagai asteroid, komet atau meteoroid, dengan sesuatu yang lebih kecil dari sepuluh meter di disebut Meteoroid a. Istilah "asteroid" adalah tidak jelas. Tidak pernah memiliki definisi formal, dengan planet yang lebih luas istilah minor yang disukai oleh International Astronomical Union dari 1853 pada. Pada tahun 2006, istilah "kecil tata surya tubuh" diperkenalkan untuk menutupi kedua planet paling kecil dan komet bahasa lain lebih suka "planetoid" (Yunani untuk "planet-seperti"),. Dan istilah ini sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk yang lebih besar asteroid. Kata "planetesimal" memiliki makna serupa, tetapi mengacu khusus untuk blok bangunan kecil dari planet-planet yang ada saat itu membentuk Tata Surya. The "planetule" istilah diciptakan oleh William geolog Daniel Conybeare untuk menggambarkan planet minor, tetapi tidak digunakan umum.
Ketika ditemukan, asteroid dipandang sebagai kelas objek yang berbeda dari komet, dan tidak ada istilah terpadu untuk dua sampai "kecil tata surya tubuh" diciptakan pada tahun 2006. Perbedaan utama antara sebuah asteroid dan komet adalah bahwa sebuah komet menunjukkan koma karena sublimasi es dekat permukaan oleh radiasi matahari. Sebuah benda sedikit yang berakhir dengan dual-terdaftar karena mereka pertama diklasifikasikan sebagai planet kecil tapi kemudian menunjukkan bukti aktivitas cometary. Sebaliknya, beberapa (mungkin semua) komet pada akhirnya kehabisan es permukaan stabil dan menjadi asteroid. Perbedaan selanjutnya adalah bahwa komet biasanya memiliki orbit yang lebih eksentrik dari asteroid paling; paling "asteroid" dengan orbit eksentrik terutama adalah komet mungkin aktif atau punah.
Selama hampir dua abad, dari penemuan asteroid pertama, Ceres, pada tahun 1801 sampai penemuan centaur pertama, 2060 Chiron, pada tahun 1977, semua asteroid yang dikenal menghabiskan sebagian besar waktu mereka di atau dalam orbit Jupiter, meskipun beberapa seperti 944 Hidalgo berkelana jauh melampaui Jupiter untuk bagian dari orbit mereka. Ketika astronom mulai menemukan tubuh kecil lebih yang secara permanen berada lebih jauh dari Jupiter, sekarang disebut centaur, mereka mencatat mereka di antara asteroid tradisional, meskipun ada perdebatan tentang apakah mereka harus diklasifikasikan sebagai asteroid atau sebagai jenis baru objek. Lalu, ketika objek trans-Neptunus pertama, 1992 QB1, ditemukan pada tahun 1992, dan terutama ketika sejumlah besar objek serupa mulai muncul, istilah baru diciptakan untuk menghindari masalah: objek Sabuk Kuiper, objek trans-Neptunus, tersebar- objek disc, dan sebagainya. Ini menghuni mencapai luar dingin dari tata surya di mana es tetap padat dan tubuh komet-seperti tidak diharapkan untuk memamerkan kegiatan cometary banyak, jika centaur atau objek trans-Neptunus adalah untuk usaha dekat dengan Sun, es volatile mereka akan menghaluskan, dan pendekatan tradisional akan menggolongkan mereka sebagai komet dan tidak asteroid.
Yang paling dalam ini adalah obyek Sabuk Kuiper, yang disebut "objek" sebagian untuk menghindari kebutuhan untuk mengklasifikasikan mereka sebagai asteroid atau komet Mereka diyakini menjadi dominan komet-seperti dalam komposisi,. Meskipun beberapa mungkin lebih mirip dengan asteroid Lebih jauh lagi,. kebanyakan tidak memiliki orbit yang sangat eksentrik yang terkait dengan komet, dan yang sejauh ini ditemukan lebih besar dari inti komet tradisional. (Awan Oort jauh lebih jauh dihipotesiskan menjadi reservoir utama komet tidak aktif.) Pengamatan terbaru lainnya, seperti analisis dari debu cometary dikumpulkan oleh Stardust probe, semakin mengaburkan perbedaan antara komet dan asteroid, menyarankan "sebuah kontinum antara asteroid dan komet" daripada garis pemisah yang tajam.
Planet-planet minor di balik orbit Jupiter kadang-kadang juga disebut "asteroid", terutama dalam presentasi populer Namun,. Hal ini menjadi semakin umum untuk istilah "asteroid" harus dibatasi untuk planet minor dari tata surya bagian dalam. [24] Oleh karena itu, artikel ini akan membatasi diri untuk sebagian besar ke asteroid klasik: obyek dari sabuk asteroid utama, trojan Jupiter, dan objek dekat Bumi.

F. Distribusi Adteroid dalam Tata Surya 
Berbagai dinamika kelompok asteroid telah ditemukan mengorbit di tata surya bagian dalam. orbit mereka terganggu oleh gravitasi dari badan lain dalam tata surya dan oleh efek Yarkovsky. populasi yang signifikan meliputi;
� Sabuk Asteroid Utama
Mayoritas dari orbit asteroid dikenal dalam sabuk utama asteroid antara orbit Mars dan Jupiter, umumnya dalam eksentrisitas relatif rendah (yaitu, tidak terlalu memanjang) orbit. sabuk ini sekarang diperkirakan mengandung antara 1,1 dan 1,9 juta asteroid yang lebih besar dari 1 km (0.6 mil) di diameter, [30] dan jutaan yang lebih kecil [31]. ini mungkin asteroid sisa-sisa dari disk protoplanet, dan di daerah ini adanya pertambahan planetesimal menjadi planet selama periode formatif tata surya terhalang oleh gangguan gravitasi besar dengan Jupiter.
� Trojan
Asteroid Trojan adalah suatu populasi yang berbagi orbit dengan planet yang lebih besar atau bulan, tetapi tidak bertabrakan dengan karena mereka mengorbit di salah satu dari dua titik Lagrangian stabilitas, L4 dan L5, yang terletak di 60 � depan dan belakang tubuh yang lebih besar .
Populasi yang paling signifikan asteroid Trojan adalah Trojan Jupiter. Meskipun sedikit Jupiter Trojans telah ditemukan sebagai tahun 2010, diperkirakan bahwa ada sebanyak ada asteroid di sabuk utama. Sebuah trojan pasangan juga telah ditemukan mengorbit dengan Mars.
� Asteroid Hampir-Bumi
Asteroid dekat-Bumi, atau NEA, menjadi asteroid yang memiliki orbit yang lolos dekat dengan Bumi. Asteroid yang sebenarnya lintasan orbit bumi dikenal sebagai Bumi-pelintas. Pada Mei 2010, 7.075 asteroid dekat Bumi dikenal dan jumlah lebih dari satu kilometer dengan diameter diperkirakan 500 - 1.000.

G. Karakteristik Asteroid
� Distribusi Ukuran
Objek di sabuk asteroid utama sangat bervariasi dalam ukuran, dari hampir 1000 kilometer untuk hanya puluhan terbesar ke batuan meter Tiga terbesar adalah sangat mirip dengan planet miniatur:. Mereka secara kasar berbentuk bola, memiliki setidaknya sebagian interior dibedakan, dan diperkirakan akan bertahan protoplanets. Sebagian besar, bagaimanapun, adalah jauh lebih kecil dan berbentuk tidak beraturan, mereka dianggap baik planetesimal bertahan hidup atau potongan tubuh yang lebih besar.
Kurcaci itu planet Ceres adalah objek terbesar di sabuk asteroid, dengan diameter 975 km (610 mil). Terbesar berikutnya adalah asteroid 2 Pallas dan 4 Vesta, baik dengan diameter lebih dari 500 km (300 mil). Biasanya Vesta merupakan asteroid sabuk hanya utama yang bisa, pada kesempatan, menjadi terlihat dengan mata telanjang. Namun, pada beberapa kesempatan langka, sebuah asteroid dekat Bumi singkat bisa menjadi terlihat tanpa bantuan teknis; lihat 99942 Apophis.
Massa dari semua obyek dari sabuk asteroid Utama, berbaring antara orbit Mars dan Jupiter, diperkirakan sekitar 3,0-3,6 � 1021 kg, atau sekitar 4 persen dari massa Bulan. Dari jumlah ini, Ceres terdiri dari 0,95 � 1021 kg, beberapa persen dari total 32. [35] [36] Menambahkan di tiga obyek berikutnya yang paling besar, Vesta (9%), Pallas (7%), dan Hygiea (3%) , membawa angka ini sampai 51%, sedangkan tiga setelah itu, 511 Davida (1.2%), 704 Interamnia (1,0%), dan 52 Europa (0,9%), hanya menambah 3% dari total massa. Jumlah asteroid kemudian meningkat dengan cepat karena penurunan massa masing-masing.
Jumlah asteroid menurun tajam dengan ukuran. Meskipun ini umumnya mengikuti kuasa hukum, ada 'benjolan' di 5 km dan 100 km, di mana asteroid lebih dari yang diharapkan dari distribusi logaritmik ditemukan.

H. Komposisi Asteroid
Komposisi fisik asteroid yang bervariasi dan dalam kebanyakan kasus kurang dipahami. Ceres tampaknya terdiri dari inti berbatu ditutupi oleh mantel dingin, di mana Vesta diperkirakan memiliki inti nikel-besi, olivin mantel, dan kerak basaltik [38] 10 Hygiea,. Namun, yang tampaknya memiliki komposisi yang seragam primitif dari chondrite karbonan, dianggap tidak dibedakan asteroid terbesar. Banyak, mungkin sebagian besar, asteroid lebih kecil tumpukan puing longgar yang diselenggarakan bersama oleh gravitasi. Beberapa bulan atau co-mengorbit asteroid biner. Tumpukan puing-puing, bulan, binari, dan keluarga asteroid tersebar diyakini hasil tabrakan yang mengganggu sebuah asteroid induk.
Asteroid mengandung jejak-asam amino dan senyawa organik lainnya, dan beberapa berspekulasi bahwa dampak asteroid mungkin telah unggulan Bumi dini dengan bahan-bahan kimia yang diperlukan untuk memulai hidup, atau mungkin bahkan membawa hidup itu sendiri ke Bumi.
Hanya satu asteroid, 4 Vesta, yang memiliki permukaan reflektif, biasanya terlihat dengan mata telanjang, dan ini hanya di langit sangat gelap ketika posisi baik. Jarang, asteroid kecil lewat dekat Bumi bisa saja telanjang-mata terlihat untuk waktu yang singkat.
Komposisi dihitung dari tiga sumber utama: Albedo, spektrum permukaan, dan kepadatan. Yang terakhir hanya bisa ditentukan secara akurat dengan mengamati orbit bulan asteroid mungkin. Sejauh ini, setiap asteroid dengan bulan-bulan telah berubah menjadi tumpukan puing, konglomerasi longgar batu dan logam yang mungkin setengah ruang kosong berdasarkan volume. Asteroid diteliti adalah sebagai besar dengan diameter 280 km, dan termasuk 121 Hermione (268 � 186 � 183 km), dan 87 Sylvia (384 � 262 � 232 km). Hanya setengah lusin asteroid lebih besar dari 87 Sylvia, meski tidak satupun dari mereka memiliki bulan. Fakta bahwa asteroid besar tersebut tumpukan puing-puing, mungkin karena dampak yang mengganggu, memiliki konsekuensi penting untuk pembentukan sistem Solar: Simulasi komputer dari tabrakan yang melibatkan tubuh padat menunjukkan kepada mereka menghancurkan satu sama lain sesering penggabungan, tapi tumpukan puing bertabrakan lebih mungkin untuk menggabungkan. Ini berarti bahwa inti dari planet dapat terbentuk relatif cepat.

I. Klasifikasi Asteroid
Asteroid umumnya diklasifikasikan menurut dua kriteria: karakteristik orbitnya, dan fitur spektrum reflektansi mereka.
� Klasifikasi Orbital
Banyak asteroid telah ditempatkan dalam kelompok dan keluarga berdasarkan karakteristik orbit mereka. Terlepas dari divisi luas, adalah kebiasaan untuk nama kelompok asteroid setelah anggota pertama dari kelompok untuk ditemukan. Kelompok asosiasi dinamis relatif longgar, sedangkan keluarga ketat dan hasil dari bencana pecahnya asteroid besar orang tua waktu di masa lalu. [42] Keluarga hanya telah diakui dalam sabuk asteroid utama. Mereka pertama kali diakui oleh Kiyotsugu Hirayama pada tahun 1918 dan sering disebut keluarga Hirayama untuk menghormatinya.
Sekitar 30% sampai 35% dari tubuh di sabuk utama milik keluarga dinamik pemikiran masing-masing memiliki asal mula yang sama dalam tabrakan masa lalu antara asteroid. Sebuah keluarga juga telah dikaitkan dengan planet kerdil Haumea Plutoid.
� Kuasi-satelit dan objek tapal kuda
Beberapa asteroid memiliki orbit tapal kuda yang tidak biasa yang co-orbital dengan Bumi atau planet lain. Contohnya adalah Cruithne 3753 dan 2002 AA29. Contoh pertama dari jenis pengaturan orbital ditemukan antara Saturnus bulan Epimetheus dan Janus.
Kadang-kadang benda tapal kuda sementara menjadi kuasi-satelit selama beberapa dekade atau beberapa ratus tahun, sebelum kembali ke status mereka sebelumnya. Baik Bumi dan Venus diketahui telah kuasi-satelit. benda tersebut, jika dikaitkan dengan Bumi atau Venus atau bahkan hipotetis Mercury, adalah kelas khusus dari asteroid Aten. Namun, objek tersebut dapat dikaitkan dengan planet luar juga.
� Klasifikasi spektral
Pada tahun 1975, sebuah sistem taksonomi asteroid berdasarkan warna, Albedo, dan bentuk spektral dikembangkan oleh Clark R. Chapman, David Morrison, dan Ben Zellner. Properti ini dianggap sesuai dengan komposisi bahan permukaan asteroid.. Sistem klasifikasi asli memiliki tiga kategori: C-jenis untuk objek karbon gelap (75% dari asteroid diketahui), S-jenis untuk membatu (silicaceous) obyek (17% dari asteroid diketahui) dan U bagi mereka yang tidak cocok dengan baik C atau S. Klasifikasi ini telah dilakukan sejak diperluas untuk mencakup banyak jenis asteroid lainnya. Jumlah jenis terus berkembang sebagai asteroid lebih banyak dipelajari.
Dua taksonomi paling banyak digunakan sekarang digunakan adalah klasifikasi Tholen dan klasifikasi SMASS. Yang pertama diusulkan pada tahun 1984 oleh David J. Tholen, dan didasarkan pada data yang dikumpulkan dari survei asteroid delapan-warna dilakukan pada 1980-an. Hal ini mengakibatkan 14 kategori asteroid. Pada tahun 2002, Kecil Main-Sabuk asteroid spektroskopi Survei menghasilkan versi modifikasi dari taksonomi Tholen dengan 24 jenis yang berbeda. Kedua sistem memiliki tiga kategori C, S, dan asteroid X, dimana X terdiri dari sebagian besar asteroid logam, seperti jenis-M. Ada juga beberapa kelas yang lebih kecil.
Perhatikan bahwa proporsi asteroid diketahui jatuh ke dalam berbagai jenis spektral tidak selalu mencerminkan proporsi dari semua asteroid yang jenis itu, beberapa jenis lebih mudah untuk mendeteksi daripada yang lain, biasing totalnya.

J. Eksplorasi Asteroid
Sampai usia perjalanan ruang angkasa, objek di sabuk asteroid itu hanya pinpricks cahaya dalam bahkan teleskop terbesar dan bentuk mereka dan medan tetap misteri. Teleskop berbasis darat paling modern dan Hubble mengorbit bumi-angkasa Hubble dapat menyelesaikan sedikit detail pada permukaan asteroid terbesar, tetapi bahkan sebagian besar ini masih sedikit lebih dari gumpalan fuzzy. Terbatas informasi tentang bentuk dan komposisi asteroid bisa disimpulkan dari kurva cahaya mereka (variasi mereka dalam terang ketika mereka berputar) dan sifat spektrum mereka, dan ukuran asteroid dapat diestimasi dengan waktu yang panjang occulations bintang (saat asteroid lewat langsung di depan bintang). Radar pencitraan dapat menghasilkan informasi yang baik mengenai bentuk asteroid dan parameter orbit dan rotasi, terutama untuk asteroid dekat Bumi. Dalam hal v delta dan persyaratan propelan, Neos lebih mudah diakses daripada Bulan.
Dekat pertama-up foto-foto objek seperti asteroid diambil pada tahun 1971 ketika Mariner 9 probe dicitrakan Phobos dan Deimos, dua bulan kecil Mars, yang mungkin ditangkap asteroid. Gambar-gambar ini mengungkapkan, bentuk tidak teratur seperti kentang-asteroid besar, seperti yang dilakukan kemudian gambar dari Voyager probe dari bulan kecil raksasa gas.
Asteroid sejati pertama untuk difoto di close-up 951 Gaspra pada tahun 1991, diikuti pada tahun 1993 oleh 243 Ida dan bulan yang Dactyl, semua yang dicitrakan oleh probe Galileo perjalanan ke Jupiter.
Probe asteroid pertama yang didedikasikan adalah NEAR Shoemaker, yang difoto 253 Mathilde pada tahun 1997, sebelum masuk ke orbit sekitar 433 Eros, akhirnya mendarat di permukaan pada tahun 2001.
Asteroid lain sebentar dikunjungi oleh pesawat luar angkasa dalam perjalanan ke tujuan lain termasuk 9969 Braille (oleh Deep Space 1 tahun 1999), dan 5535 Annefrank (oleh Stardust pada tahun 2002).
Pada bulan September 2005, probe Hayabusa Jepang mulai belajar 25143 Itokawa secara rinci dan dipenuhi dengan kesulitan, namun kembali sampel permukaan ke bumi pada tanggal 13 Juni 2010.
Probe Rosetta Eropa (diluncurkan pada tahun 2004) terbang oleh 2867 �teins pada tahun 2008 dan 21 Lutetia, asteroid terbesar dikunjungi untuk saat ini, pada tahun 2010.
Pada bulan September 2007, NASA meluncurkan Misi Dawn, yang akan mengorbit protoplanet 4 Vesta pada tahun 2011 dan planet kerdil Ceres pada tahun 2015.
Ia telah mengemukakan bahwa asteroid dapat digunakan sebagai sumber bahan yang mungkin langka atau kelelahan di bumi (pertambangan asteroid), atau bahan untuk membangun habitat ruang (lihat Kolonisasi asteroid). Bahan yang berat dan mahal untuk memulai dari bumi suatu hari nanti mungkin akan ditambang dari asteroid dan digunakan untuk pembuatan ruang dan konstruksi.

K. Fiksi Asteroid
Asteroid dan sabuk asteroid adalah pokok cerita fiksi ilmiah. Asteroid memainkan peran beberapa potensi dalam fiksi ilmiah: sebagai tempat manusia bisa menjajah, sumber daya untuk mengekstrak mineral, bahaya yang dihadapi oleh pesawat ruang angkasa perjalanan antara dua titik lainnya, dan sebagai ancaman terhadap kehidupan di Bumi oleh dampak potensial.


Sekian dari saya tentang penjelasan "Pengertian , Bentuk , dan Karakteristik Asteroid" , semoga sukses dalam menggapai mimpimu dan belajarlah dengan giat .

By TDC Candra      Sumber


Post a Comment