Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Gambaran sederhana untuk sambungan ke Internet di perlihatkan pada gambar berikut. Dalam konfigurasi sebuah sambungan ke Internet, terdapat beberapa unsur penting yaitu:
  • Komputer
  • Internet, (biasanya melalui sebuah Internet Service Provider (ISP)).
  • Modem


Ada beberapa jenis modem yang dapat digunakan untuk menyambungkan komputer ke Internet. Masing-masing modem mempunyai karakteristik yang berbeda, misalnya dengan menggunakan modem dial-up, atau dengan menggunakan sambungan melalui kabel telepon.

Pada teknik dial-up.

Modem dipasang di komputer, baik di dalam maupun di luar kotak komputer. Melalui komputer tersebut, kita dapat menelepon tempat akses Internet.

Menggunakan handphone.

Dengan semakin maraknya penggunaan handphone di Indonesia, Internet melalui handphone juga semakin semarak. Hampir semua operator selular di Indonesia memberikan akses Internet sebagai layanan tambahan di jaringan selular mereka. Secara umum, ada dua teknologi yaitu: GPRS dan 3G.

Menggunakan Wireless.

(juga di kenal sebagai WiFi, atau HotSpot). Pada saat ini kebanyakan laptop yang di jual di pasaran telah mempunyai peralatan Wireless Internet, atau lebih di kenal WiFi. Dengan peralatan WiFi yang ada, kita dapat langsung terhubung ke jaringan Interent di tempat-tempat yang tersedia untuk meng-akses WiFi atau dikenal juga sebagai HotSpot, yang tersedia di hotel, restoran, kompleks perkantoran dan di bandara.

Biaya Internet biasanya dirasakan terlalu mahal bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Teknik-teknik penyambungan Internet yang di jelaskan di atas biasanya akan membutuhkan biaya yang cukup mahal, dan sebaiknya kita jangan menggunakannya apabila keadaan tidak memungkinkan. Karena, biaya yang harus di bayar akan menjadi mahal kalau kita terlalu lama ber-Internet.

Kita cukup beruntung karena teknologi Internet bisa di bagi ke beberapa orang atau ke beberapa komputer agar bisa ber-Internet secara bersama-sama. Dengan cara membagi dari satu saluran ke beberapa komputer, atau ke beberapa orang, atau ke beberapa rumah, maka biaya Internet akan menjadi jauh lebih murah. Teknik ini biasanya digunakan di Warung Internet (WARNET), kantor-kantor, juga sekolah-sekolah yang menyambungkan puluhan komputer melalui sebuah sambungan ke Internet ...

Halaman Terkait:
| Perangkat keras untuk mengakses internet | Kecepatan internet | Lebih jauh dengan modem | Wajanbolic e-goen dan rt/rw-net |

Post a Comment