Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips





Menangis dianggap sebagai sebuah gambaran kelemahan pada saat menghadapi masalah. Padahal sebenarnya di dunia kesehatan menangis memiliki manfaat positif, baik bagi kesehatan fisik, spiritual maupun juga secara psikologis juga.

saat emosi kita sedang tidak stabil, rasa sedih dan ingin menangis biasanya muncul. Saat hal tersebut terjadi, jangan anda tahan tangis Anda, karena menangis merupakan luapan emosi yang sangat wajar dan sehat. Selain untuk meluapkan emosi, menangis juga memiliki manfaat lain, yaitu :

- Membersihkan mata
Fungsi utama air mata adalah membuat indera penglihatan kita menjadi lebih jelas. Tidak hanya membasahai bola mata dan kelopak mata, tetapi juga mencegah dehidrasi membran yang ada disekitar mata. Saat mengeluarkan air mata, mata Anda sebenarnya sedang dalam proses 
pembersihan. Hal itu membuat kotoran yang menempel pada mata ikut keluar melalui air mata dan mata pun menjadi bersih.

- Membunuh bakteri di mata
Air mata mengandung lysozyme, adalah cairan yang bisa membunuh 90 - 95 persen bakteri dalam kurun waktu 5 hingga 10 menit. Jadi, saat mengeluarkan air mata, secara otomatis bisa membunuh bakteri berbahaya yang bisa memicu iritasi  mata.

- Menstabilkan perasaan mood
Tingginya kadar mangan didalam tubuh bisa memicu mood yang tidak satabil, kekhawatiran yang berlebihan, dan perasaan yang sensitif. dengan menangis kadar mangan pada tubuh kita bisa diturunkan dan membuatnya dalam keadaan 
normal. 

Selain itu, air mata yang keluar saat kita emosi, mengandung 24% protein albumin fungsinya membawa molekul racun keluar dari tubuh kita.

- Menurunkan stres
Menangis bisa membuat tingkat stres yang kita alami menurun. karena pada saat menangis, zat kimia yang dikeluarkan tubuh  yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin akan berkurang. tapi jika menahan tangis maka tingkat stres yang dialami akan menjadi naik dan  berdampak pada kesehatan seperti masalah jantung, dan tekanan darah tinggi.

Post a Comment