Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Perhatikan cuplikan kartun pada gambar 9.2 yang di ambil dari buku kartun Internet Sehat terbitan dari teman-teman di ICT Watch (http://ictwatch.com). Dari cuplikan kartun ICT Watch di perlihatkan, seorang putri yang sedang chatting dengan pria bule ganteng, yang sepertinya sangat menjanjikan. Apalagi dia adalah seorang pria ganteng, bule, dan bersedia chatting di Internet dengan kita di Indonesia.


Biasanya chatting tersebut akan berlanjut ke janji untuk pertemuan, janji untuk pernikahan, bahkan tidak mustahil akan mengeluarkan uang untuk membiayai perjalanan, dan masih banyak lagi.

Kita sebagai orang Indonesia di Asia, yang biasanya terbelakang, dan biasanya pula akan berprasangka baik terhadap orang bule yang ada di Internet. Sayangnya, kita harus berhati-hati karena kemungkinan sang bule yang chatting dengan kita adalah penipu ulung.



Mari kita perhatikan baik-baik, beberapa cuplikan surat elektronik di bawah ini.

Date: Mon, 16 Feb 2009 17:16:54 +0800 (SGT)
From: Primas Priambudi
Subject: Peluang Dapat Duit Enam Ratus Juta Tanpa Modal


Dear All,

Hanya dengan mencari 5 member tanpa mengeluarkan duit sepeserpun, Anda bisa menghasilkan uang Rp 600 juta sebagai bonus memasarkan website ini.
Ayo buruan mendaftar, dan mereferensikan kepada 5 orang teman Anda.
Daftar melalui link: http://tinyurl.com/9qz6z3 [tinyurl.com]

Salam,

Primus

Memang, sangat menggiurkan janji yang di berikan. Kita dapat menjadi kaya dengan mudah bahkan tanpa modal apapun. Jumlah uang yang di janjikan biasanya dalam orde ratusan juta, bahkan Milyard rupiah. Sangat menggiurkan sekali janji tersebut.
Tentunya masih banyak lagi ragam e-mail jenis ini, ada yang menawarkan uang untuk usaha, bahkan ada yang menawarkan situs yang tidak baik secara terang-terangan.

Yang sering menjengkelkan dari situs atau e-mail jenis ini adalah: mereka kadang-kadang berbuat untuk mencuri password e-mail kita, bahkan mencuri berbagai informasi penting yang kita miliki, seperti nomor bank dsb.

Semua yang di terangkan di atas adalah satu di-antara cuplikan dari banyak sekali hal yang tidak baik yang ada di Internet. Internet memang banyak menjanjikan hal yang baik, tapi sayangnya tidak sedikit orang di Internet yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak baik. Jumlah situs tidak baik, jumlah-nya mendekati satu milyard halaman web, puluhan juta gambar, dan puluhan juta blog. Kebanyakan kita sering kali di kecohkan oleh situs jenis ini untuk: (1) menipu, (2) mengumbar napsu duniawi, (3) kekerasan, (4) judi, dan masih banyak lagi.

Untuk menjaga diri pada saat kita berselancar di Internet, alangkah baiknya jika kita dapat membaca dengan seksama buku-buku Internet Sehat yang di luncurkan oleh teman-teman di ICT Watch (www.ictwatch.com). Buku Internet Sehat tersebut adalah:
  • Buku Internet Sehat - http://www.ictwatch.com/internetsehat/download/internetsehat-book.pdf
  • Buku saku Internet Sehat - http://www.ictwatch.com/internetsehat/download/internetsehat-booklet.pdf
  • Kartun Internet Sehat - http://www.ictwatch.com/internetsehat/download/internetsehat-cartoon.pdf
  • Materi dasar Internet Sehat - http://www.ictwatch.com/internetsehat/download/internetsehat-pdf.pdf
Di samping buku-buku, sebetulnya ada teknik-teknik maupun software yang dapat membantu kita agar tidak terjerumus ke hal yang tidak baik pada saat berselancar di Internet. Teknik untuk memproteksi diri dari situs tidak baik di Internet di jelaskan secara detail di situs: http://opensource.telkomspeedy. com/wiki/index.php/Teknik_Memblok_Situs_Tidak_Baik

Beberapa software yang dapat membantu untuk memproteksi kita dari perbuatan tidak baik di Internet dapat juga di ambil, pada:
  • Software K9-webprotection >> http://www.ictwatch.com/internetsehat/download/internetsehat-anekasoftware/k9-webprotection.exe
  • Browser Kid Rocket >> http://www.ictwatch.com/internetsehat/download/internetsehat-anekasoftware/kidrocket_v15.exe

Halaman Terkait:
| Internet sehat | Internet sehat-3 | Internet sehat-4 |

Post a Comment