Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Biaya pelatihan yang terlalu mahal, belum lagi lokasi yang tidak mungkin terjangkau karena jaraknya yang lumayan jauh, atau juga ingin sekali mengikuti pelatihan tapi sayang ongkos untuk pergi ketempat pelatihan saja sudah cukup menguras kantong kiri dan kantong kanan. Mungkin inilah yang alasan saya mengulas sekilas tentang bisnis Pelatihan online, selain itu juga memberikan dukungan yang seluas luasnya kepada sahabat saya Abdul Sidik yang saat ini sedang mengembangkan web Pelatihan online.

Biasanya pelatihan itu dilakukan secara langsung (tatap muka). Kini kecanggihan teknologi yang serba online tidak menutup kemungkinan bisnis online dalam bidang Pelatihan online pun dapat di jalankan. Segmen pasar nya pun menurut saya relatif besar. Mulai dari kalangan umur yang beragam sampai bidang jasa yang beraneka ragam pula. Walaupun jenis bisnis online seperti jasa konsultan dan pelatihan ini cukup beragam jenisnya, namun alangkah baiknya kalau kita memulai bisnis ini sesuai dengan latar belakang pendidikan ataupun pengalaman yang dimiliki. Contoh, kalau anda belum berkeluarga tentunya anda tidak cocok membuka usaha konsultasi suami istri. Mungkin cocoknya mengambil tema remaja masa kini. Jenis bisnis Pelatihan online ini tidak hanya konsultasi namun juga dapat memberikan layanan untuk merencanakan, memantau, mengolah, mengelola, dan menjalankan suatu program. Seperti layanan konsultasi pengolahan data skripsi, alangkah baiknya juga menyediakan pelatihan langsung via online terhadap pengolahan data tsb.

Coba kita posisikan sebagai orang yang membutuhkan bimbingan, bantuan, dan pembelajaran tentang suatu teknik yang ingin kita kuasai, tentunya kita mengharapkan dengan ikut pelatihan tersebut kita akan mendapatkan solusi, langkah cepat, teknik termudah, dan hasil yang memuaskan. Maka dari itu saya rasa kita perlu memiliki kemampuan tersebut. Selain dari kemampuan teknis yang juga kita harus kuasai, seperti teknologi dalam web itu sendiri.(red:web Pelatihan online), dan yang paling penting adalah kita dapat menguasai jenis pelatihan tersebut. Yah..kalau kita memiliki modal yang cukup kita bisa memanfaat orang –orang yang mau kita ajak kerjasama baik secara part time maupun full time untuk layanan tertentu yang kita sendiri tidak menguasainya. Dalam bisnis Pelatihan online ini kita tidak hanya sekedar “menjual”, namun lebih kepada bagaimana kita bisa memenuhi kebutuhan dari klien kita itu.  Kita harus bisa membuat calon klien merasa lega, puas, dan merasa menemukan apa yang selama ini di cari. Mungkin ada orang yang ingin belajar sesuatu hal, tapi karena gengsi atau malu, tidak bisa mewujudkannya, maka Pelatihan online inilah yang menjadi jalan terbaik bagi orang tersebut.

Bisnis Pelatihan online ini bisa dikembangkan dengan beberapa teknik promosi yang saya kira sangat cocok dilakukan :
  1. Memasang iklan secara teratur di bebarapa media iklan baik online maupun offline.
  2. Mengikuti forum-forum yang berhubungan dengan konsultasi sesuai dengan bidang anda
  3. Menggunakan metode affiliate member atau istilahnya member get member (MGM)
  4. Memasang aplikasi banner exchange, tukar link, saling komentar dan kerjasama pemasaran.
  5. Mengadakan konsultasi gratis untuk hari-hari tertentu untuk bidang-bidang tertentu.
  6. Membuat brosur, pamphlet, sales letter yang menarik dan meyakinkan dan media pemasaran lainnya.
  7. Dan yang paling klasik adalah memberikan voucher diskon untuk konsultasi pada even tertentu seperti musim liburan, lebaran, bulan ramadhan dll. Selain dapat pelanggan juga tentunya dapat pahala yang lumayaaaannn..

Untuk memajukan bisnis ini tentunya lebih baik kita dapat memberikan bonus extra, atau layanan jasa lain yang tetap sesuai tema dan kemampuan.  Contoh jika sebelumnya anda hanya memberikan pelatihan olah data instant via spss, minitab dan program lainnya, alangkah baiknya pula kalau menyedikan ruang konsultasi untuk pengolahan data via Microsoft excel dll. Tentunya ini akan memberikan nilai tambah tersendiri dan akan membuat calon klien kita serasa mendapatkan banyak manfaat hanya dalam sekali pelatihan. Semua itu hanya ide saya saja. Kreatifitas dan kemampuan anda dalam menggali segmen bisnis Pelatihan online inilah yang dapat memajukan bisnis anda.


Coba liat deh situs www.coolrunning.com, situs ini merupakan contoh situs Pelatihan online yang melayani konsultasi dan perencanaan pelatihan seputar bidang olahraga disertai progress hasil yang telah di peroleh. Dari situs tersebut  jika klien ingin mengetahui detail Pelatihan online yang diberikan, pengunjung/klien dapat masuk kedalam kategori layanan yang telah disediakan dan memilih salah satunya. Jika pengunjung menyukai modul Pelatihan online tsb, pengunjung bisa dengan mudah mencetak atau mengirimkan modul tsb ke alamat email.  Semua diberikan secara gratis, namun jika ingin mendapatkan pelatihan lengkap secara professional pengunjung diharuskan mendaftar keanggotaan, full fasilitas seperti modul, bahan training, konsultasi, dll dapat dengan mudah dinikmati.

Nah saya kira, banyak sekali model layanan turunan dari bisnis utama sebagai Pelatihan online via website. Kalau untuk jensi layanan pengolahan data, lebih enak dan lengkap kalau disediakan layanan tambahan yang masih berkaitan dengan pengolahan data. Yang penting sekarang, bagaimana menyaring semua masukan-masukan dan melihat kebutuhan-kebutuhan calon pengunjung. Sehingga kita dapat memberikan layanan terbaik sesuai apa yang dibutuhkan pelanggan. Kuncinya adalah kepuasan pelanggan. Just it.

Post a Comment