Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Usaha Katering makanan kayaknya suatu usaha yang cukup menjanjikan saat ini, kenapa gitu? Karena banyak orang masih butuh makan ( ya iyalah udah pasti ) maksud saya, kesibukan orang mencari uang untuk makan malah kadang melupakan kesehatannya.  Sasaran pasarnya pun beragam, mulai dari pekerja kantoran, mahasiswa, anak sekolahan, kost-kostan. Suatu hari ada temen saya yang mau buka usaha catering, dia Tanya.. apa apa saja yang perlu di persiapkan untuk Usaha katering ini?. Nah tiba-tiba terpikir oleh saya untuk menulisnya di sebuah blog kesayangan saya www.suryapost.com..
Neh berikut dibawah ini, saya coba cari tau dan bagikan tips sebelum memulai usaha catering.

1.    Pilih dulu jenis usaha katering yang akan anda jalankan
Tentukan dulu jenis katering yang mau di jalankan, dalam hal ini mau khusus atau katering umum, kalau katering khusus berarti pasarnya memang khusus untuk pesta, acara formal, resepsi dsb. Tapi kalau katering umum, pangsa pasarnya dapat melingkupi semuanya. Mulai dari anak sekolah, pesta, keluarga dll.

2.    Survey dulu untuk mengetahui para pemain bisnis katering lainnya.
Kumpulkan informasi lengkap, dengan melakukan penelitian kecil-kecilan terhadap usaha sejenis yang telah mulai lebih dulu, mulai dari penyajian, kualitas, pasar, dan tentunya soal harga. Lakukan riset tentang potensi pasar dan citarasa yang unik.  Dalam bisnis ini citarasa dan penyajian serta kebersihan merupakan faktor fital yang harus di jaga dan di perhatikan.

3.    Manfaatkan promosi dari mulut kemulut.
Untuk soal promosi yang seperti kita ketahui, bahwa bisnis makanan ini cara efektif untuk media promosi nya adalah dari mulut kemulut. Begitu kualitas bagus dan harga terjangkau, juga rasanya yang mantaf, tentunya secara pasti akan langsung tersebar dari mulut kemulut. “wah..kemaren aku pesen katering untuk pesta sama kateringnya si anu..mantaf.. luar biasa, servisnya sangat memuaskan, menunya juga bervariasi dan harga terjangkau”. Meskipun yang ngomong itu sebenarnya pemilik usaha katering tersebut. Hahahah (pura-pura orang lain)

4.    Hitung ongkos produksinya.
Buat perbandingan dengan pemasukan yang anda terima. Ini sangat penting, coba berspekulasi  agar anda tidak merugi. Catering besar yang telah beroperasi lama, mungkin sebagian besar investasinya adalah mencapai titik impas. So, ongkos produksinya jadi lebih murah. Namun buat kita yang baru main di bisnis katering ini . biaya investasinya lumayan besar, sehingga ongkos produksinya bisa lebih mahal. Tapi it’s ok itu hanya perhitungan awalnya saja. Jangan terus down. Dan jangan langsung memikirkan keuntungan. Sambil jalan bisnis itu pasti bisa keliatan apa-apa saja yang perlu di tambah atau di kurang.

5.    Manfaatkanlah tenaga anggota keluarga atau teman.
Percaya atau tidak yang jelas langkah ini sangat tepat dilakukan untuk menekan biaya produksi. Dibandingkan dengan menggunakan tenaga orang lain dimana anda harus bersedia membayar harga lebih.

6.    Berapa banyak porsi pesanan
Mulailah dulu dengan menerima porsi pesanan kecil. Dari situ kita bisa belajar mengatur manajemen waktu dengan lebih baik pada saat menerima porsi pesanan besar. Porsi pesanan dalam jumlah besar tidak semudah yang kita kira boss...walaupun memang pada kenyataannya porsi besar lebih besar juga untung yang akan kita dapat. Namun kita tetap jangan sampai menolak pesanan dalam jumlah kecil. Ingat statement tentang promosi dari mulut kemulut. Begitu cacad layanan anda, secara tidak langsung pun akan mudah tersebar dari mulut kemulut.

7.    Management waktu.
Ini yang paling penting dalam mengelola bisnis katering. Pengaturan waktu harus di perhitungkan sejak awal. Seperti kapan saat belanja bahan baku, menimbang, dan meracik bahan baku.  Anda harus membuat semacam time study yang akan kita gunakan menjadi standart dalam proses penyedian kebutuhan pelanggan tsb. Agar semua proses dari awal hingga produk sampai ketangan konsumen dengan tepat waktu sesuai yang diharapkan. Jangan begitu ada yang order mie goreng pada jam 10 pagi, namun jam 7 sudah selesai pembuatannya. Tentu itu akan membuat mie dalam keadaan dingin.

8.    Terus menggali potensi diri
Untuk orang yang doyan makan ini merupakan hal penting dalam setiap penyajian hidangan yang diberikan, variasi rasa, keunikan rasa dan tentu kelezatannya. Maka dari itu untuk pengelola bisnis ini, jangan pernah segan dan malas untuk terus mengembangkan diri, eksplorasi resep resep terbaru. Dan terus meningkatk kualitas hingga bisa menjangkau pasar yang lebih tinggi lagi.

9.    Trend saat ini
Perkembangan usaha katering ini, memang cukup pesat. Persaingan pun kita marak. Kalau anda hanya begitu begitu saja tanpa ada perkembangan, tentunya anda akan di tinggalkan oleh pelanggan anda. Oleh karena itu boss… jangan pernah lupa untuk memantau perkembangan terbaru atau trend masakan saat itu. Sehingga anda akan terus update menu menu terbaru.  Sehingga membuat pelanggan anda terkesan, dan selalu penasaran akan menu anda selanjutnya.

10.    Menjaga kepercayaan pelanggan.
Point ini juga sangat penting, seiring saat ini makin maraknya penyalahgunaan zat zat berbahaya pada makanan, maka bagi para pebisnis katering, jangan pernah sekalipun mengesampingkan mutu dan kesehatan makanan yang kita sajikan. Ingat, selain kepercayaan yang kita jaga, Allah juga senantiasa mengawasi semua tingkah laku kita. So tetaplah jujur dan berhati hati dalam menjalan kan bisnis ini dan apapun bisnisnya.

Post a Comment