Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Testing jadi Model batik
Masih ngomongin soal batik. dan kebetulan hari ini aku lagi pakai batik pemberian seorang teman, sebut saja namanya "maya". begitu menyenangkan kalau kita memakai batik. rasanya Indonesia banget. Indonesia merdeka. banggakah kamu memakai batik asli Indonesia? Nah tapi sebenarnya ada apa dibalik batik...cari tau lah :

Setelah sibuk nyari tau, ternyata batik itu sudah lama ada sejak jaman nenek moyang kita di Indonesia sekitar abad XVII yang pada saat itu di tulis dan dilukis pada daun lontar. Batik berasal dari bahasa jawa yaitu penggabungan kata "Amba" yang berarti menulis, dan "titik" yang berarti titik. saat itu, batik kebanyakan masih bermotif binatang maupun tumbuhan. namun seiring dengan perkembangan jaman, corak batik makin lama, semakin banyak dan unik. mulai dari motif awan, candi, pewayangan, dedaunan, bunga dll. Awalnya batik ini merupakan pakaian khusus untuk keluarga kerajaan dan pengikutnya. karena pada saat itu batik itu merupakan barang langka yang mahal harganya. cara pembuatannya pun terbilang unik, dan semuanya menggunakan bahan bahan alami, mulai dari kain putih yang di tenun sendiri, kemudian pewarna yang terbuat dari mengkudu, garam yang terbuat dari tanah lumpur. Belum lagi masalah pembuatannya yang di buat dengan peralatan tenun tradisional.

Selalu bangga dengan batik Indonesia
Nah, meski sempat di saling perebutkan hak cipta batik dengan negara sahabat, namun kebenaranya adalah bahwa telah di tetapkan sebagai warisan dan budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. itu sebabnya aku bangga pakai batik asli indonesia. karena batik itu merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni yang tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak jaman doeloe.
Saat ini batik berdasarkan teknik pembuatannya di golongkan menjadi 3 jenis batik.

  • Batik Tulis
  • Kain dihias sesuai corak atau tekstur tertentu menggunakan tangan. Kurang lebih memakan 2-3 bulan.
  • Batik Cap
  • Jenis batik seperti ini dibuat dengan menggunakan cap yang sudah sesuai dengan coraknya.
  • Batik Lukis
  • Pembuatan batik yang langsung dilukis pada kain putih.
Hampir di seluruh wilayah jawa memiliki kekayaan budaya batik yang khas dan unik, dan khas batik yang paling menonjol saat ini adalah batik pekalongan, solo, Djogja dan Cirebon. dan tentunya banyak kota kota lain yang memiliki kekhasan batik sendiri. Jenis batiknya pun beragam rupa seperti batik Kraton, batik saudagaran, batik belanda, batik petani, batik jawa hokokai, batik tiga negeri, dan lain-lain. Di setiap daerah dan suku, kini memiliki batik dengan khasnya sendiri. kalau mau lebih lengkapnya bisa liat di musem batik kuno Danar Hadi, yang merupakan musem batik terlengkap di dunia merupakan sumbangsih seorang pengusaha batik Haji Santosa Doellah, kini koleksinya sudah mencapai sepuluh ribu lembar batik kuno, yang 600 di antaranya dipamerkan di musem batik Danar Hadi. dan berikut adalah contoh kekayaan motif batik yang ada di Indonesia.(Wiki)

Dalam perkembangan zamanya, batik yang dulu hanya di gunakan oleh kalangan orang orang tertentu, saat ini dapat dengan mudah di jumpai mulai dari anak kecil, hingga orang dewasa. mulai dari anak sekolah hingga pegawai kantoran, bahkan ada beberapa instansi yang mewajibkan karyawannya menggunakan batik di hari hari tertentu. ini lah wujud kecintaan kita akan kebudayaan Indonesia, yang merupakan warisan leluhur yang patut kita lestarikan. jangan pernah bosan pakai batik ya......dan sekali lagi aku katakan, aku bangga pakai batik asli Indonesia.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Batik
http://oxana.blogdetik.com/2009/10/13/asal-usul-dan-sejarah-batik-indonesia/
http://whatuget.blogspot.com/2011/10/sejarah-batik-di-indonesia.html

Post a Comment