Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Menyajikan Data dalam Bentuk Grafik

Seorang pengambil keputusan ketika mempresentasikan data untuk menghasilkan suatu keputusan dengan cepat dan tepat, maka data yang ditampilkan tidak berbentuk tabel lagi. Karena ia tahu, bahwa yang demikian itu akan dapat menyulitkan pembaca untuk mengetahui perubahan data tersebut dengan cepat.

Agar data tersebut dapat dimengerti dengan cepat dan tepat, yang paling memungkinkan adalah dengan menampilkan dalam bentuk grafik. Dengan grafik seseorang bisa mengetahui bahwa nilai tertinggi ditunjukkan dengan gambar yang paling besar, atau nilai terendah ditunjukkan oleh gambar yang lebih kecil.

Menyiapkan data

Data dalam grafik adalah penentu dari bentuk pergerakan grafik. Data yang disajikan adalah merupakan kesan atau cara pandang, sehingga bagaimana grafik dapat disimpulkan oleh yang membacanya.

Bagaimana menyiapkan data ...?
Banyak caranya. Misalnya dengan mengumpulkan data dari sensus penduduk, survei, studi banding, wawancara dan lain-lain. Setelah data terkumpul, kemudian data tersebut diolah dan menghasilkan sebuah tabel data. Judul tabel data tergantung dari kumpulan isi data yang relevan.

Perhatikan sebuah data yang dimiliki oleh sebuah lembaga kursus, yaitu: berupa data nilai siswa.



Halaman Terkait:
| Membuat grafik | mengedit grafik |

Post a Comment