Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Definisi
Supositoria adalah sediaan padat yang digunakan melalui dubur, berbentuk torpedo, dapat melunak, melarut, atau meleleh pada suhu tubuh. Kecuali dinyatakan lain, bobot supositoria adalah 3 gram untuk orang dewasa dan 2 gram untuk anak-anak.

Tujuan Penggunaan Supositoria
Penggunaan supositoria bertujuan:
1. Untuk tujuan lokal, seperti pada pengobatan wasir atau hemoroid dan penyakit infeksi lainnya. Supositoria juga dapat digunakan untuk tujuan sistemik karena dapat diserap oleh membran mukosa dalam rektum. Hal ini dilakukan terutama bila penggunaan obat per oral tidak memungkinkan, seperti pada pasien yang mudah muntah atau pingsan.
2. Untuk memperoleh kerja awal yang lebih cepat. Kerja awal akan lebih cepat karena obat diserap oleh mukosa rektal dan langsung masuk ke dalam sirkulasi pembuluh darah.
3. Untuk menghindari perusakan obat oleh enzim di dalam saluran gastrointestinal dan perubahan obat secara biokimia di dalam hati.

Keuntungan Penggunaan Supositoria
Bila dibandingkan dengan penggunaan secara oral, keuntungan penggunaan supositoria, yaitu:
1. Bentuknya yang seperti torpedo menguntungkan karena supositoria akan tertarik masuk dengan sendirinya bila bagian yang besar masuk melalui otot penutup dubur.
2. Supositoria dapat menghindari terjadinya iritasi obat pada lambung.
3. Supositoria dapat menghindari kerusakan obat oleh enzim pencernaan.
4. Obat dapat langsung masuk ke dalam saluran darah sehingga efeknya lebih cepat daripada penggunaan obat secara oral.
5. Supositoria baik bagi pasien yang mudah muntah atau tidak sadar.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Absorpsi Obat per Rektal
1. Faktor fisiologis, antara lain pelepasan obat dari basis atau bahan dasar, difusi obat melalui mukosa, detoksifikasi atau metabolisme, distribusi di cairan jaringan, dan terjadinya ikatan protein di dalam darah atau cairan jaringan.
2. Faktor fisika kimia obat dan basis, antara lain kelarutan obat, kadar obat dalam basis, ukuran partikel, dan basis supositoria.

Pustaka
Farmasetika Dasar & Hitungan Farmasi

Post a Comment