Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Komputer generasi pertama (1940 s.d. 1959) mempunyai ciri dengan menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar. Karena, beribu-ribu tabung vakum itu diperlukan untuk menjalankan operasi bagi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik.

Di Amerika, Howard H. Aiken (1900–1973), yaitu seorang insinyur Harvard bekerjasama dengan IBM berhasil mendesain kalkulator elektrik pertama yang diberi nama MARK I, yang memiliki ukuran panjang setengah lapangan bola kaki, dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Komputer ini dapat melakukan perhitungan aritmatika dasar dan persamaan-persamaan yang lebih kompleks. Kelemahan dari komputer ini adalah operasinya yang lambat. Komputer ini telah bekerja berdasarkan komponen elektrik dan mekanik.

Tahun 1946 Dr. John Mauchly (1919-1995) dan Presper Eckert berhasil mengembangkan komputer ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). ENIAC terdiri dari 18.000 vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder, membutuhkan daya 175 KW, dan sudah dapat menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored Program concept) yang dikembangkan oleh John Von Neuman.

Pada pertengahan tahun 1940-an, Jhon Von Neuman (1903-1957) seorang matematikawan Amerika bekerja sama dengan University of Pensylvania merancang sebuah komputer yang disebut EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

Pada tahun 1951, Remington Rand mengembangkan UNIVAC I (Universal Automatic Calculator). Jumlah tabung vakum yang digunakan 5.000, ukuran 943 kaki kuadrat, berat 8 ton. Ini adalah merupakan komputer pertama, yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

Komputer Generasi pertama dikarakteristikan dengan fakta, bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda-beda, yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram, dan membatasi kecepatannya.

Ciri-ciri komputer generasi pertama yaitu:
  • Program dibuat dalam bahasa mesin,
  • Menggunakan konsep storage Program,
  • Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara,
  • Ukuran fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar, serta
  • Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetig disk.
Contohnya, komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 yang merupakan komputer komersial berukuran besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.

Halaman Terkait:
| Sejarah perkembangan komputer | Komputer generasi kedua (1959 s.d. 1965) | Komputer generasi ketiga (1965 s.d. 1970) | Komputer generasi keempat (sejak tahun 1970) | Komputer generasi kelima (komputer masa depan) |

Post a Comment