Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Peran TIK dalam bidang pendidikan sangat tidak mungkin untuk dihindari. Dalam dunia pendidikan, teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai sebagai kombinasi dari teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah, dimana akan sangat memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Pendidikan yang menggunakan sarana TIK, terutama internet umumnya, disebut e-education. Dalam bidang ekonomi, peranan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan.

Dengan adanya internet, segala jenis transaksi perdagangan maupun bisnis dapat dilakukan tanpa perlu beranjak dari meja kerja kita, dan tanpa perlu antri berjam-jam di loket-loket pelayanan, serta tanpa dibatasi oleh waktu.

Kemajuan perkembangan TIK lainnya adalah adanya kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian barang secara online melalui: internet (e-buy), perdagangan barang secara elektronik (e-commerce), tanpa kita harus ke tempat tujuan. Keunggulan teknologi informasi dan komunikasi juga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mendukung bisnis mereka. Misal-nya: perdagangan saham secara online (bursa efek), dan lain sebagainya.

Perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain, pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seper-empat trilyun dolar US pada tahun 2011. Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google dan Paypal.

Halaman Terkait:
| Tik dalam bidang pendidikan | Peran teknologi informasi komunikasi | Tik dalam bidang pemerintahan (e-government) | Tik dalam bidang perbankan (e-banking) | Manfaat tik dalam bidang sosial | Manfaat tik dalam bidang kedokteran |

Post a Comment