Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Mari kita merenung sejenak, membayangkan tentang alat-alat transportasi. Alat transportasi terbagi menjadi alat transportasi darat, transportasi laut, dan udara. Semua alat transportasi sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu: membawa penumpang menuju kesuatu daerah tujuan tertentu. Kita mencoba melihat yang lebih dekat, yaitu transportasi darat. Kita mengenal adanya jalan raya, dan di atas jalanan tersebut bergeraklah macam-macam kendaraan, dan di antaranya adalah: sepeda, motor, dan mobil.

Sistem operasi yang kita bicarakan sekarang, adalah mirip dengan jalan raya yang tadi kita bayangkan. Dan kendaraan-kendaraan di atasnya adalah program-program aplikasi yang kita gunakan, misalnya: ada program untuk menggambar, ada program untuk berkomunikasi, program untuk berhitung, dan ada juga program untuk mengetik dokumen. Dengan demikian dapat kita simpulkan, bahwa sistem operasi adalah: program dasar yang harus tersedia agar komputer dapat bekerja, dan menjalankan berbagai fungsinya.

Pengertian sistem operasi

Jenis-jenis transportasi terbagi menjadi banyak, yaitu: transportasi darat, air, dan udara. begitu pula dengan sistem operasi, yaitu: terbagi menjadi bermacam-macam sistem operasi, dan diantaranya adalah Dos, Windows, Unix, Linux, BSD dan Macintosh. Di atas air kita jumpai kendaraan yang berbeda dengan kendaraan di atas jalan raya. Demikian pula di atas sistem operasi Linux akan kita jumpai program-program yang berbeda dengan program-program yang berjalan di atas sistem operasi yang lain.

Berikut, adalah tabel yang menunjukan perbedaan beberapa program aplikasi antara Dos, Windows, dan Linux.

PROG. APLIKASIDOSWINDOWSLINUX
Pengolah kataWord starMicrosoft wordOpen office.org - writer
Pengolah angkaLotus 123Microsoft excellOpen office.org - calc
Presentase-Microsoft powerpointOpen office.org - impress
Pengolah gambar-PhotosoftThe gimp
Multimedia-Windows media playerAmarok


Halaman Terkait:
| Fungsi sistem operasi | Menginstal sistem operasi linux | Menggunakan sistem operasi linux | Manajemen file |

Post a Comment