Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membawa peranan yang sangat penting dalam aktivitas kehidupan kita. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut kita untuk melakukan berbagai aktivitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat, secara tidak langsung mengharuskan pada kita untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan dan kesehatan. Secara umum, teknologi memudahkan kita untuk saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau, serta memiliki potensi guna mendorong pembangunan masyarakat yang demokratis. Teknologi seperti inilah yang diperlukan untuk membantu masyarakat dalam mengorganisasikan dirinya secara efektif dan efisien untuk kesejahteraannya sendiri.

Bentuk-bentuk TIK dalam kehidupan keseharian kita antara lain sebagai berikut:

a. Perkembangan pada bidang telekomunikasi, misalnya: telepon, faksimili, internet dan handphone. Dengan kemudahan berkomunikasi, kita seakan-akan lebih dinamis. Informasi tentang peristiwa ditempat yang jauh dengan mudahnya didapatkan dengan alat-alat tersebut.

b. Kehadiran internet sangat mempermudah segala aktivitas dan urusan kita dalam memperoleh dan menyampaikan informasi secara cepat. Internet, juga mendorong terjadinya keseragaman gaya hidup dan penampilan dan juga memicu kreatifitas serta ide-ide yang baru.

c. Demokrasi menjadi lebih baik, karena karakter TIK yang berprinsip kesetaraan adalah sangat sesuai dengan sifat demokrasi. Sebab, semua orang dapat mengakses TIK.

d. TIK mendorong munculnya jenis usaha baru dalam masyarakat yang berbasis internet. Berbagai situs komersial seperti detik.com, amazon.com, eBay.com, bhinneka.com, jualbelimobil.com, atau dan sebagainya sudah menjadi sesuatu yang umum.

e. E-commerce dan E-Bussiness, sampai sekarang menjadi tren perdagangan barang secara elektronik. Dalam hal ini, berarti sistem ekonomi tradisional perlahan untuk berubah, dan menjadi sistem ekonomi digital.

Halaman Terkait:
| Tik dalam bidang pendidikan | Tik dalam bidang ekonomi (e-bussiness) | Tik dalam bidang pemerintahan (e-government) | Tik dalam bidang perbankan (e-banking) | Manfaat tik dalam bidang sosial | Manfaat tik dalam bidang kedokteran |

Post a Comment