Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Tampilan layar dan kotak dialog sistem operasi Linux dapat diubah dengan sangat mudah. Linux menyediakan fasilitas untuk mengubah tampilan, atau wajah layarnya melalui sebuah fasilitas yang dinamakan Theme. Untuk mengganti theme, ikutilah langkah-langkahnya sebagai berikut:

1). Klik tab System.
2). Pilih Preferences.
3). Klik pilihan Appearance.
4). Berikutnya ditampilkan layar seperti tampak pada gambar berikut ini.

5). Pastikan tab yang dipilih adalah Theme.
6). Pilih salah satu theme yang tersedia, misalnya pilihlah theme Human.
7). Secara otomatis, tampilan layar akan berubah.
8). Jika sudah sesuai dengan keinginan, klik tombol Close.

Selain mengubah theme, Linux juga menyediakan fasilitas untuk mengubah gambar latar belakang, atau background desktop yang sedang aktif. Caranya sama dengan proses mengubah theme. Hanya saja, ketika layar Appearance terbuka, pastikan pilih tab Background. Kemudian, pilihlah gambar yang akan digunakan sebagai latar belakang. Jika kurang puas dengan koleksi gambar yang ada, kita dapat memilih gambar dari koleksi gambar yang kita miliki, dengan meng-klik tombol Add.

Fasilitas lain yang membedakan Linux dengan sistem operasi lain adalah: tersedianya fasilitas untuk mengaktifkan Visual Effects. Sehingga, ketika kita menggunakan mouse, misalnya menggeser suatu layar atau kotak dialog akan terlihat suatu efek yang menarik.

Untuk mengaktifkan visual effects, prosesnya sama persis dengan proses mengubah theme. Hanya saja, tab yang dipilih adalah Visual Effects, kemudian dilanjutkan dengan mengklik opsi Extra, dan diakhiri dengan mengklik tombol Close

Tab Fonts, digunakan untuk mengatur setting tulisan yang akan berlaku secara default untuk program-program yang ada di dalam lingkungan sistem operasi Linux. Tentu saja, jenis-jenis huruf yang ditawarkan berbeda dengan jenis-jenis huruf yang biasa kita gunakan di dalam sistem operasi lain.

Fasilitas terakhir yang disediakan Linux di dalam layar Appearance adalah, kemampuan untuk mengatur tampilan menu, toolbar, dan ikon. Dengan adanya fasilitas ini, kita dapat membuat tampilan komputer kita berbeda dengan orang lain.





Halaman Terkait:
| Menggunakan sistem operasi linux | Mengenal desktop | Membuat shortcut | Mengatur date - time dan regional setting | Program aplikasi di linux | Program calculator |

Post a Comment