Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Karena meningkatnya kewaspadaan dan diagnosis yang lebih dini, saat ini mola biasanya diterminasi di bawah keadaan yang terkontrol saat lesi masih kecil. Evakuasi dengan penyedotan adalah terapi pilihan berapa pun ukuran uterus. Untuk mola yang besar, perlu disiapkan darah yang cocok dan pasien dipasangi slang intravena. Agens pembuka serviks, digunakan jika serviks panjang dan menutup. Dilatasi lebih lanjut hingga garis tengah yang memungkinkan inscrsi kuret isap plastik dapat dengan aman dilakukan di bawah anestesi.

Setelah sebagian besar mola dikeluarkan dengan aspirasi, pasien diberi oksitosin. Jika miometrium telah berkontraksi, biasanya dilakukan kuretase yang menyeluruh namun lembut dengan kuret tajam besar. Pemeriksaan ultrasonograf intraoperasi mungkin bermanfaat untuk memastikan bahwa rongga uterus telah kosong.

Jika usia dan paritas menyebabkan kehamilan lebih lanjut tidak lagi diinginkan, histerektomi mungkin lebih dianjurkan dibandingkan kuretase isap. Histerektomi adalah prosedur logis bagi wanita berusia 40 tahun atau lebih karena meningkatnya frekuensi penyakit trofoblastik pada kelompok usia ini.

Pustaka

Obstetri Williams

Post a Comment