Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Ketika komputer pertama kali diaktifkan, aliran listrik akan mengalir ke bagian chip yang ada, dan termasuk ke rangkaian elektronik lain-nya yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Sebagian besar komponen bersikap menunggu, sampai mendapatkan perintah untuk bekerja. Tetapi ada satu chip, yaitu: ROM BIOS (singkatan dari Read Only Memory Basic Input Output System) atau biasa juga disebut sebagai BIOS, yang bekerja mengambil alih kendali pada saat pertama kali komputer mendapat aliran listrik. BIOS ini berisi perintah-perintah yang digunakan untuk mengaktifkan komputer sehingga CPU siap bekerja.

Boot,
Adalah merupakan peristiwa yang terjadi untuk memulai operasi dasar dari sebuah komputer. Boot sendiri terdiri dari 3 tahap, yaitu:
  1. Mempersiapkan sistem, agar siap digunakan.
  2. Diagnosa terhadap kelengkapan perangkat, berikut pengecekan kondisi perangkat tersebut.
  3. Mengaktifkan sistem operasi sebagai pengontrol kegiatan-kegiatan pengolahan data.
Berdasarkan keadaan yang terjadi akibat dari terjadinya proses booting, terdapat berbagai jenis boot yang dapat dilakukan, yaitu:
  1. Cold boot: Adalah proses booting yang terjadi ketika komputer diaktifkan dari keadaan mati. Atau dengan kata lain, Cold boot ini sama dengan proses mengaktifkan komputer dari awal.
  2. Warm boot: Yaitu merupakan proses pengaktifan kembali komputer yang sedang dalam keadaan aktif untuk tujuan tertentu. Proses boot ini terjadi ketika komputer diberikan arus listrik kembali, dimana arus listrik dimatikan untuk sementara waktu dengan tujuan mengulang kembali proses komputer dari awal. Warm boot ini biasanya terjadi karena program yang rusak, atau dilakukan pengaturan sistem ulang.
  3. Soft boot: Yaitu merupakan proses booting yang dikendalikan melalui sistem. Hampir sama seperti warm boot, hanya saja yang melakukan booting adalah komputer secara otomatis.
  4. Hard boot: Yaitu merupakan proses booting yang terjadi dengan cara dipaksa. Biasanya, terjadi karena komputer diam dalam jangka waktu yang lama (hang).
  5. Reboot: Yaitu merupakan peristiwa mengulang kembali sistem dari awal. Reboot ini terjadi dikarenakan beberapa hal, di antaranya adalah dikarenakan sistem yang tidak bereaksi, dan terjadinya perubahan setting dari sistem operasi yang digunakan.

Halaman Terkait:
| Mengaktifkan komputer | Mengaktifkan komputer sesuai prosedur |

Post a Comment