Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Fahas adalah seorang siswa Negeri di Jakarta. Setiap hari Selasa jam 8.00, dia dan teman-temannya di kelasnya belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi di dalam Laboratorium Komputer, yang letaknya di lantai 2 atau tepatnya disamping kanan tangga. Tentu saja, mereka sangat giat mempelajari pelajaran ini.

Pada suatu hari, guru TIK Ibu Risma sedang menjelaskan bagaimana membuat pohon folder atau biasa disebut sebagai folder tree. Fahas pun mengikuti semua instruksi Ibu Risma mulai dari membuat folder, membuat duplikatnya, sampai dengan memindahkan folder yang sudah dibuat ke tempat lain. Tidak terasa waktu belajar TIK sudah habis, dan waktunya istirahat. Kemudian Ibu Risma pun meng-instruksikan agar semua komputer dimatikan dengan benar.

Karena terburu-buru, Fahas langsung menekan tombol power pada CPU, sehingga komputer langsung mati. Melihat hal ini Ibu Risma langsung mendatangi Fahas, dan meminta Fahas untuk tidak keluar dulu karena Fahas sudah mematikan komputer dengan cara yang tidak benar. Ibu Risma kemudian menunjukkan kesalahan Fahas dengan mengaktifkan komputer kembali. Dan, ternyata benar bahwa: komputer tersebut tidak langsung aktif dan tidak langsung masuk ke layar seperti biasa, tetapi ada proses scanning oleh sistem operasi terhadap kemungkinan kerusakan yang ada. Syukurlah, ternyata proses scanning tidak lama, dan tidak ditemukan adanya kerusakan.

Bagaimana dengan kita ...?
Apakah kita pernah mengalami hal yang sama seperti kejadian tersebut di atas ...?
Mari kita melihat, bagaimana menggunakan komputer dengan benar, agar komputer kita dapat terjaga dengan baik.

Terdapat berbagai macam komputer yang sekarang beredar dan digunakan. Semua komputer tersebut terlihat berbeda satu sama lain. Baik ber-beda dari sisi bentuk, warna, ataupun dari kegunaan komputer tersebut. Walaupun jenisnya berbeda-beda, tetapi proses mengaktifkan komputer ini tidak jauh berbeda antar satu dengan yang lainnya. Yang dimaksud dengan proses mengaktifkan komputer ini adalah: langkah-langkah yang harus dilakukan agar komputer dapat digunakan sebagaimana mesti-nya.

Halaman Terkait:
| Mengaktifkan komputer sesuai prosedur | Mengenal proses booting |

Post a Comment