Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Tepat pada Senin 29 Juli, NASA resmi menginjak usia ke-55 tahun. Sebagai badan antariksa yang sudah malang melintang selama lebih dari setengah abad ini, tentu memiliki banyak momen sepanjang sejarahnya. Berikut 15 momen ikonik dalam lembaran NASA:

1. Setelah Rusia meluncurkan satelit pertamanya bernama Sputnik (dalam bahasa Rusia artinya ‘teman perjalanan’), NASA terdorong untuk menciptakan desainnya sendiri. Setelah tiga bulan pembangunan, akhirnya Explorer 1 diluncuncurkan untuk memulai mengitari Bumi sebanyak 12 kali per hari selama belasan tahun.

2. NASA bersama-sama dengan Angkatan Udara dan Angkatan Laut AS meluncurkan roket pesawat X-15 memecah catatan kecepatan dan ketinggian penerbangan yang dilakukan antara 1959 dan 1968. Di antara para pilot yang terlibat, diketahui salah satunya adalah Neil Armstrong.

3. Simpanse bernama Ham menjadi manusia purba pertama yang ikut terbang ke luar angkasa. Pada Januari 1961, monyet ini berhasil kembali dengan selamat ke Bumi. Di mana, kapalnya mendarat di Samudera Atlantik.

4. Kurang dari sebulan setelah astronot asal Soviet, Yuri Gagarin menjadi orang pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa pada April 1961, astronot asal AS bernama Alan Shepard pun meluncur dengan roketnya selama 15 menit perjalanan ke luar angkasa.

5. Dalam pidatonya kepada Kongres AS pada 25 Mei 1961, Presiden AS Jhon F. Kennedy mengumumkan dukungan penuh untuk mendaratkan astronot ke Bulan dan mengembalikannya ke Bumi dengan selamat.

6. Pada Febuari 1962, astronot jhon Glenn lepas landas ke luar angkasa dan menjadi orang Amerika pertama yang berhasil mengorbiti Bumi. Setelah mengelilingi Bumi sebanyak tiga kali, kapsul Glenn mendarat di Samudera Atlantik. Butuh waktu 21 menit sebelum ia kembali pulih setelah pendaratan tersebut.

7. Pada 1964, pesawat luar angkasa Mariner 4 menjadi armada yang berhasil menangkap gambar Planet Mars secara close up untuk pertama kalinya. Foto-foto tersebut menunjukkan permukaan kawah yang gersang. Hal ini mengindikasikan tidak adanya tanda-tanda kehidupan di planet merah tersebut.

8. Guna memenuhi komitmen Presiden Kennedy untuk melakukan pendaratan di Bulan, NASA melalui program luar angkasa Apollo 11-nya menerbangkan dua astronot yakni Neil Armastrong dan Buzz Aldrin pada 21 Juli 1969. Peluncuran pesawat luar angkasa ini disiarkan di televisi agar pemirsa di seluruh dunia menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut.

9. Pada Juli 1975, dilakukan proyek penerbangan ke antariksa pertama antara AS-Soviet. Penerbangan ini dikenal sebagai Uji Proyek Apollo-Soyuz (ASTP) dimaksudkan untuk menjadi simbol perdamaian kedua negara adidaya tersebut. Adapun astronot yang terlibat dalam penerbangan tersebut adalah astronot asal Rusia Alexei Leonov dan astronot AS Deke Slayton.

10. Pada Juli 1976, pesawat luar angkasa Viking 1 milik NASA menangkap gambar pertama di Mars. Gambar tersebut menunjukkan permukaan planet yang kemerahan.

11. Pada 1983, astronot Sally menjadi perempuan Amerika pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik Challenger.

12. Pesawat Challenger meledak setelah 73 detik lepas landas pada Januari 1986 dan menewaskan seluruh awaknya berjumlah tujuh orang. Tragedi ini mengguncang NASA dan publik di AS.

13. Teleskop luar angkasa Hubble mengorbit menggunakan pesawar ulang-alik NASA pada 1990. Tujuannya, untuk menangkap gambar beresolusi tinggi di luar angkasa.

14. Mars Pathfinder diluncurkan pada 1996 dan berhasil mendarat di Planet Mars pada 1997 setelah melakukan perjalanan sejauh 309 juta mil. Setelah satu tahun perjalanan, ia kembali dengan ribuan foto mengenai keadaan di planet merah tersebut. Misi ini tidak berawak dan menjadi pembuka jalan bagi proyek-proyek penelitian Mars selanjutnya.

15. NASA kembali meluncurkan robot Curiosity untuk melanjutkan kesuksesan Pathfinder. Robot penjelajah itu mendarat di Mars pada Agustus 2012. Selain untuk menangkap gambar beresolusi tinggi di planet merah, Curiosity juga dikirim untuk menyelidiki iklim dan geologi serta mencari informasi apakah ada kehidupan sebelumnya di planet tersebut. Hingga kini, robot beroda enam ini masih berada di Mars.


okz


Post a Comment