Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Isu Apple akan memperkenalkan sensor khusus dengan menggunakan teknologi biometrik tampaknya menguat. Pasalnya, muncul konfirmasi bocoran dari sistem operasi iOS iPhone generasi mendatang.

Dikutip Viva dari laman 9to5mag, dalam versi iOS 7 beta 4 telah bocor sebuah folder baru yang disebut BiometricKitUI. Folder itu tampaknya cukup detail menjelaskan bahwa perusahaan besutan mendiang Steve Jobs itu memang tengah mempersiapkan iPhone baru dengan sensor sidik jari. Antarmuka biometrik itu menunjukkan pengguna iPhone dapat menggesek sensor sidik jari itu pada tombol home iPhone.

Menurut sebuah sumber yang mengetahui pengembangan iPhone baru, antarmuka untuk sistem pemindaian sidik jari itu telah komplit. Sumber juga mengatakan teknologi biometrik itu difokuskan untuk membuka akses iPhone. Belum jelas soal penggunaan sensor biometrik untuk mendukung sistem pembayaran pada akun iTunes pada iPhone baru.

Sedangkan laman ZDnet mengatakan saat ini belum banyak pasar ponsel pintar dengan sensor dan teknologi sidik jari. Praktis sejauh ini hanya Samsung, kompetitor terdekat Apple, yang diketahui mengajukan permohonan paten sidik jari pada Januari tahun lalu.

Perusahaan Korea Selatan itu akhirnya diberikan nomor paten 20130129163 pada Mei tahun ini untuk integrasi sensor sidik jari pada tombol Home pada seri Galaxy mendatang. Dengan demikian, pengembangan sensor itu berpotensi membuka perang paten kembali antara Apple dan Samsung.

Apple diketahui mengakuisisi perusahaan sensor sidik jari, AuthenTec pada Juli tahun lalu dengan nilai US$ 356 juta setara Rp 3,6 Triliun. Praktis sejak itu kabar penerapan teknologi biometrik terus mengemuka.


Post a Comment