Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Assalamu'alaikum Sahabat semua ..
Sehat semua kan? Alhamdulillah ..



Langsung saja ke pokok permasalahan. Saya terpacu pada sebuah blog yang memiliki banyak sekali pengunjung perharinya , lalu saya mulai berfikir , Bagaimana itu bisa terjadi ? Apakah saya bisa seperti itu ? kalau masalah bisa atau tidak itu kembali dari diri kita sendiri.Kita sebagai seorang blogger harus memperhatikan beberapa hal , yaitu sebagai berikut :

1.Konsisten dalam memilih topik

Sebelum memulai untuk blogging, tentunya kita sudah memikirkan topik apa yang bakal kita munculkan melalui tulisan di blog kita. Pilihlah topik yang menurut kita akan membuat kita menulis secara kontinu. Jangan sampai nantinya kita merasa kehabisan bahan tulisan, merasa bosan dengan topik, lalu memutuskan untuk beralih topik. Hal ini bisa membuat pengunjung yang selama ini membaca di blog kita merasa kecewa dan tidak lagi membaca tulisan kita. Ingat juga untuk memilih topik yang masih akan terus dibaca orang bertahun-tahun mendatang. Untuk membantu anda ketika kehilangan bahan menulis bisa dilihat disini.


2.Blogging membutuhkan kreativitas

Pikirkan apa bahan tulisan yang akan membuat orang membaca blog kita. Cobalah mengembangkan ide-ide yang terlintas di benak kita. Cobalah untuk menulis sesuatu yang biasa saja menjadi cukup menarik untuk dibaca. Kita bisa mencari inspirasi dengan mengunjungi blog-blog lain, mungkin dengan begitu kita bisa memperoleh ide untuk menulis sesuatu yang unik.

3.Periksa sebelum publikasi tulisan

Ketika ingin mempublikasikan sebuah tulisan, cobalah periksa tulisan anda, apakah ada kesalahan kata-kata, bagaimana tampilan tulisannya, apakah diperlukan dokumentasi, dan lainnya. Kalau kita ingin serius dalam dunia blogging, maka kita harus bisa memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang mengunjungi dan membaca blog kita. Tulisan yang terkesan acak-acakan, asal jadi, tidak akan menumbuhkan minat orang banyak untuk membaca tulisan kita.

4.Cobalah untuk fokus

Ketika ingin memulai menulis blog, cobalah untuk mengesampingkan semua urusan anda yang lain. Singkirkan dulu pikiran akan pekerjaan, masalah di rumah dan lain-lain yang bisa mengganggu konsentrasi dalam menulis. Dengan begitu kita bisa lebih tenang dan fokus untuk menulis. Sehingga hasil yang didapat pasti lebih baik. Jangan lupa siapkan kopi, rokok ataupun cemilan. :)

5.Siapkan catatan kecil

Ide tidak muncul setiap saat, dan ketika ide itu datang, bisa jadi suasana di sekitar kita tidak mendukung. Cobalah siapkan catatan kecil yang bisa selalu dibawa kemana-mana. Jadi ketika ide itu terlintas, kita bisa langsung mencatat dan hal tersebut akan sangat membantu ketika kita siap untuk menulis. Karena ide yang hilang begitu saja sangatlah disayangkan, karena bisa jadi ide yang terlintas itu merupakan ide yang bagus.

6.Siapkan mental

Ya, blogging juga membutuhkan mental. Karena blog kita dibaca oleh banyak orang, maka tanggapan yang muncul juga akan berbeda-beda. Ada yang positif, dan ada yang negative. Bersiaplah untuk hal tersebut, jangan cepat merasa tersinggung ketika dicemooh, cobalah lebih berbesar hati untuk menerimanya dan jadikan sebagai pembangkit semangat untuk menjadi lebih baik.

7.Aktif di komunitas online

Komunitas online, merupakan hal yang sangat penting untuk membangun blog anda. Dari komunitas yang kita ikuti, kita bisa memperoleh kenalan, informasi, dan belajar banyak dari blogger yang lebih berpengalaman. Hal ini juga bisa membantu kita memperoleh ide dan melakukan evaluasi pada kekurangan kita sebagai blogger.
Jangan ragu untuk bertanya, karena biasanya selalu ada yang siap membantu kita di komunitas-komunitas online seperti ini. Dan juga jangan pelit untuk berbagi jika kita memiliki sesuatu untuk diberikan pada orang lain.

8.Motivasi

Dalam melakukan segala sesuatunya, selalu diperlukan motivasi. Begitu juga dengan blogging. Adalah hal yang manusiawi ketika suatu saat kita merasa jenuh, kehilangan ide, dan tidak tertarik untuk menulis lagi. Kalau hal ini sudah terjadi pada kita, bisa-bisa kita akan benar-benar meninggalkan dunia blogging yang sudah kita jalani. Cobalah untuk mencari berbagi sumber yang bisa kita jadikan sebagai motivator agar kita bisa tetap memiliki semangat untuk blogging. Ada banyak cara untuk memperoleh motivasi.

9. Kemauan untuk belajar


Yang paling penting sebenarnya adalah kemauan untuk belajar. Rasa malas ataupun perasaan bahwa kita memiliki pengetahuan yang cukup hanya akan menjebak kita dalam kesombongan. Akibatnya kita tidak akan berkembang. Pengetahuan, informasi, strategi sangat penting untuk bisa menjadi blogger yang baik maupun sukses.
Jadi cobalah untuk menerima masukan baik itu berupa informasi, saran dan kritik, pengetahuan dan hal apapun yang bisa membantu kita menjadikan blog kita lebih baik lagi.

10. Kejujuran

Apa pendapatmu bila ada seorang blogger yang Copy Paste tetapi tidak mencantumkan link sumber agar orang lain berfikir bahwa dialah yang menulis tulisan itu ? Hargailah karya orang yang sudah capek-capek menulis berhari-hari untuk sebuah artikel. Menurut Saya Sebaiknya jangan Copy Paste walaupun mencantumkan link sumber karna akan berdampak luar biasa terhadap blog tersebut, yaitu :
- Artikel sulit Terindex Google
- Blog akan di Anggap SPAM
- Turunnya kualitas Blog
- Blog tidak akan berkembang
- Dianggap Tidak Kreatif
- Pengunjung akan merasa bosan, karena artikel kita mirip dengan blog lain
- Kurang di sukai oleh banyak Blogger
- Blog akan di laporkan
- dan Kemungkinan Blog akan di Hapus

Jadi , berhentilah Copy Paste Sahabat.

11. Tujuan

Ngeblog itu harus ada tujuan, agar kita tau arah jalan saat ada masalah. Apakah tujuanmu Berbisnis? Berbagi? Hobby Nulis? itu terserah kamu, semuanya juga boleh

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Bila ada salah kata mohon dikoreksi
.Wabillahi Taufiik Walhidayah..
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaratu.

Post a Comment