Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Dalam perjalanan saya blogging selama ini, saya banyak mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seputar blogging for money alias tentang mendapatkan uang dari blog.

Selama ini saya selalu berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan sebaik mungkin. Ada beberapa
pertanyaan yang kreatif, yang dari pertanyaan itu saya menjadi lebih 'gigih' lagi untuk belajar.

Tapi, tahukah Anda dari sekian banyak pertanyaan-pertanyaan itu, ada beberapa yang paling saya benci untuk menjawabnya? Kenapa? Karena memang saya tidak tahu jawabannya!

Inilah 4 pertanyaan tersebut :

1. Saya Membuat Blog Dengan Niche (xyz), Dapatkah Saya Sukses Mendapatkan Uang Dari Niche Tersebut?

Sumpah! Pertanyaan ini sulit sekali saya jawab, karena saya sama sekali tidak memiliki kemampuan 'melihat' masa depan Anda.

Tapi demikian, saya memiliki keyakinan: selama ada permintaan yang cukup terhadap informasi, layanan maupun produk yang Anda sediakan atau tawarkan, maka selama itu Anda dapat mencapai sukses melalui niche yang Anda pilih.

Mungkin pertanyaan yang lebih tepat adalah:
  • Apakah Anda telah mempersiapkan diri dan juga motivasi yang cukup kuat untuk belajar membangun blog yang baik dan sekaligus mempromosikannya dengan sebaik-baiknya?
  • Apakah Anda telah melakukan riset yang memadai untuk mengetahui banyak tidaknya permintaan terhadap informasi, layanan atau produk yang Anda tawarkan?
  • Apakah Anda telah memiliki strategi matang untuk terjun dalam persaingan dan menjadi pembeda antara Anda dengan pesaing Anda yang telah lebih dulu ada?
Kebanyakan jawaban dari pertanyaan di atas tidak akan pernah Anda ketahui kecuali dengan langsung mencobanya. Mencoba dan mencoba adalah kunci sukses sebenarnya. Namun demikian, jika Anda telah memiliki semua jawaban bagus terhadap 3 pertanyaan di atas, saya yakin seyakin-yakinnya Anda akan mampu meraih sukses melalui niche apapun yang telah Anda pilih.

2. Berapa Lama Waktu Yang Saya Butuhkan Untuk Mulai Mendapatkan Uang Dari Blog?

Ini sama seperti pertanyaan nomor 1 di atas. Saya tidak tahu tentang masa depan Anda, jadi sulit sekali untuk menjawabnya.

Mari sejenak kita berandai-andai membangun bisnis di dunia nyata. Katakanlah Anda berencana membuka sebuah usaha jasa percetakan. Kemudian Anda mendatangi salah seorang teman yang sudah sukses lebih dulu sebagai pengusaha minimarket (niche yang jauh berbeda). Dan kemudian Anda bertanya kepadanya: "Kira-kira berapa lama saya bisa mulai mendapatkan keuntungan dari usaha jasa percetakan?" Dapatkah teman Anda itu menjawabnya? Saya yakin tidak bisa!

Dalam dunia bisnis banyak sekali faktor yang ikut mempengaruhi; lokasi tempat usaha, kualitas produk, strategi pemasaran, target positioning dan sebagainya. Begitu pula dengan bisnis online! Tidak jauh berbeda. Sama saja. Prinsip yang sama juga berlaku bagi kita: para blogger!

Jadi, berapa lama dan seberapa banyak yang dapat Anda hasilkan akan sangat tergantung terhadap banyak faktor, seperti:
  • Seberapa banyak permintaan (demand) terhadap informasi / produk / layanan yang Anda tawarkan melalui niche yang Anda pilih?
  • Seberapa banyak trafik yang mampu Anda bangun.
  • Seberapa baik Anda mampu menjadikan pengunjung sebagai sumber pendapatan.
  • Seberapa bagus kualitas produk yang Anda miliki (jangan salah, konten adalah produk bagi seorang blogger).
Saya simpulkan, tidaklah terlalu jauh berbeda dengan bisnis offline, prinsip-prinsip dasar bisnis juga berlaku dalam mengelola bisnis online, termasuk bagi Anda yang menjadikan blogging sebagai sumber pendapatan.

3. Dari Laporan di Akun Adsense, Saya Melihat Ada (xxx) Klik, Kenapa Pendapatan Saya Cuma ($xx)?

Seharusnya pertanyaan ini diajukan kepada pihak Adsense. Saya bukan karyawan Adsense, bukan juga tim support Adsense. Tentu saja, saya tidak dapat menjawabnya. 

Sedangkan, meskipun saya banyak menulis tentang tips Adsense, itu semua adalah semata dari pengalaman, dari apa yang alami. Saya tidak pernah tahu berapa nilai klik sesungguhnya dari masing-masing iklan yang muncul di blog saya.

Satu hal yang perlu kita ingat, Adsense sendiri tidak pernah memberi tahu kita berapa nilai dari setiap klik yang didapatkan. Jika memaksa, Anda bisa saja menghitung sendiri dengan membagi total pendapatan dengan jumlah klik yang Anda dapat. Tapi ini pun tetap tidak bisa dijadikan landasan kuat, karena nilai klik adsense selalu berubah-ubah

Pemasang iklan Adsense, selalu merubah nilai maksimal mereka dalam lelang. Ditambah dengan sejumlah faktor lain, inilah yang menyebabkan nilai klik Adsense senantiasa selalu berubah. Satu-satunya cara untuk memastikan hasil yang maksimal dari program Adsense adalah dengan melakukan optimasi dan mendatangkan trafik sebanyak-banyaknya ke blog Anda.

Kesimpulannya: tidak ada seorang pun yang dapat memberitahu Anda seberapa cepat dan seberapa banyak yang dapat Anda hasilkan dari Adsense, karena terlalu banyak faktor yang tetap menjadi 'rahasia' yang tidak kita ketahui.

4. Saya Ingin Menjalankan Program Afiliasi, Afiliasi Apa Yang Harus Saya Jalankan?

Saya tidak dapat menjawabnya. Ada banyak faktor yang akan mempengaruhi, apa niche blog Anda, berapa banyak visitor Anda, sebagian kecil dari faktor-faktor tersebut.

Namun secara mendasar, jika Anda hanya meniru apa yang dilakukan oleh blog lain, tanpa memiliki strategi dan target sendiri, kemungkinan besar Anda akan gagal. Satu metode dapat saja berhasil untuk beberapa orang, tapi tidak untuk semua orang.

Intinya, Anda dapat menghasilkan banyak uang dari afiliasi apapun, jika Anda mau belajar membuat blog yang populer, ramai pengunjung dan mengetahui cara menjadikan mereka sebagai pelanggan.

Kesimpulan Akhir

Setiap orang akan memiliki pendekatan dan pengalaman yang berbeda, tergantung dari minat, motivasi, niche, dan etos kerja masing-masing.

Melihat apa yang dilakukan oleh mereka yang telah sukses memangbaik, tapi meniru begitu saja apa yang mereka lakukan, jelas bukan sebuah jaminan kesuksesan. Anda perlu membangun dan memiliki strategi sendiri yang benar-benar bekerja dengan baik untuk niche dan blog Anda sendiri. Dan semua itu tidak akan Anda dapatkan tanpa melakukannya sendiri dan terus memupuk pengalaman. Sukses selalu untuk kita semua. Semoga bermanfaat.

Salam. :)

Post a Comment