Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Memang banyak teknik dan cara membangun backlinks, para master di sini udah ahli dalam urusan ini, dan mas bro mungkin menganggap saya 'lancang' dgn mengatakan cara ini adalah cara yang benar. Well, setidaknya cara ini sudah terbukti sangat ampuh dan aman untuk web-web micro niche site milik saya. Dan saya yakin cara backlink seperti yg akan saya share ini sangat aman utk setiap update algoritma google, apapun itu; mau google penguin, google entok, google jangkrik, dan lain-lain .... dengan catatan "Kalo ente melakukannya dengan benar!!!"

Sebelum ngomongin cara backlinknya... saya mau flash back ke belakang sejenak (cie elah bahasanya... katro!! wkwkwk). Dulu saya adalah orang yang sangat malas dan naif dalam hal backlinks. Prinsip saya dulu adalah 'berikan backlink ke web sebanyak-banyak nya dan biarkan orang lain yang mengerjakannya!!" Pada awalnya semuanya berjalan sesuai yg saya inginkan .. posisi web naik, trafik naik, $$ mengalir dengan lancar. Tapi itu dulu, sekarang robot google jauh lebih pintar dan diprogram sedemikian rupa.

Dulu saya pakai backlinks dari berbagai sumber dan langsung diarahkan ke money site, kalo orang dulu bilang 'banyak backlink akan banyak rejeki'. Beberapa sumber backlinks yg selalu saya gunakan: press release, premium blog network, SenukeX, Xrumer, Web 2.0, wiki post, Edu & Gov, Profile backlink ala Angela, Artikel direktory, situs Plig, blog comment, dan lain-lain. Kalo dilihat dari sumber backlinks nya sih sangat bervariasi, pasti ente berfikir kalo dgn backlinks dari berbagai sumber maka page 1 google akan diraih dengan cepat dan mudah. Tapi sebenarnya proses backlinking dan Metodenya lah yang sangat penting, bukan hanya jumlah backlinks yg BEJUBEL ... so ente mesti hati-hati.

OK, berdasarkan pengalaman dan analisa saya, inilah salah satu contoh Cara Yang Benar Membangun Backlinks.


A. Keterangan Gambar:

Kalo kita liat gambar di atas langsung secara keseluruhan mungkin agak pusing ya bro. Mari kita pilah-pilah dulu, coba ente fokus pada backlinks di network Hubpages. Pada network Hubpages ada web 2.0 seperti Webs, Diaryland, Insane Journal, dan Gather. Semua Backlinks dari network Hubpages diarahkan langsung ke Money site. Detailnya sebagai berikut:
1. Hubpages >> Backlink langsung diarahkan ke money site dengan menggunakan Keyword Utama (1 link saja)
2. Webs >> 1 link diarahkan ke Hubpages (kw utama Hub) dan 1 link ke Money site dgn menggunakan kw turunan money site.
3. Diaryland >> 1 link diarahkan ke Hubpages (kw utama Hub) dan 1 link ke Money site dgn menggunakan kw turunan money site.
4. Insane Journal >> 1 link diarahkan ke Hubpages (kw utama Hub) dan 1 link ke salah satu category/ posts Money site dgn menggunakan anchor text
5. Gather >> 1 link diarahkan ke Hubpages (kw utama Hub) dan 1 link ke salah satu category/ posts Money site dgn menggunakan anchor text

Misalnya kw website ente:
1. kw utama - desktop computer reviews
2. kw turunan 1 - best desktop computer
3. kw turunan 2 - best desktop computer reviews

Tiga keywords ini lah yang harus ente bagi-bagi sebagai anchor text di network backlink yang ente buat. Dan perlu juga memakai kata-kata yg lain sebagai anchor text, misalnya pakai; Click here, Recommended Site, Read more details, URL domain ente (hxxp://domainente.com), dan lain-lain. Sebaiknya perbandingan anchor text yg digunakan (kw utama : Jumlah Anchor text lain) adalah sekitar 50:50. Tidak harus persis, 50% pakai anchor text kw utama dan 50% pakai anchor text yang lain yg saya sebutin, kira-kira aja bro ga usah persis.

Dari penjelasan network Hubpages, ente pasti udah bisa ngerti utk ngerjain utk network ezinearticles dan Squidoo - intinya jangan hanya ngebacklink ke homepage aja, pastikan halaman category dan postingan ente dapat supply backlinks, serta variasikan anchor text dengan anchor text yang lain. Begitu juga kalo ente mau nge backlink dari situs-situs EDU / Gov, sebaiknya variasikan anchor text nya. Untuk EDU/ Gov backlink, saya pake prinsip 3:1 utk anchor text nya, artinya 3 kw utama dan 1 pake anchor text lain. Ada baiknya juga ente kasi backlink ke Network anda dengan situs EDU/Gov - 1 link ke network utama misalnya Hubpages, dan 1 link ke money site.

B. Tips

1. Kerjakan backlink dengan cara bertahap dan konsisten. Pertama sekali yg harus diselesaikan adalah menyelesikan backlink dari Tier 1 (ezinearticles, hubpages, squidoo). Utk Tier 1 selalu gunakan kw utama money site utk anchor text.
2. Setelah tier 1 selesai kerjakan tahap selanjutnya yaitu mengerjakan setiap network. Jangan kerjakan network kalo Tier 1 blm ke index google, lebih baik bookmark dl url tier 1 biar cepat terindex. Tapi sejauh pengalaman saya, Squidoo, Ezinearticle, dan Hubpages sangat cepat terindex di google bila artikel sudah diterima.
3. Bangun backlink network anda dengan variasi kw dan arahkan juga ke category/ posts. Ini akan membuat backlinks terlihat lebih natural.
4. Proses pengerjaan jangan terlalu cepat, buat schedule utk pengerjaan setiap backlinks. Kalo saya biasanya 1 network dikerjakan 1 minggu, baru lanjut ke network berikutnya.
5. Artikel utk backlinks dr network web 2.0 usahakan unik dan minimal 300 kata, walaupun artikelnya hanya di spin tp usahakan masih enak dibaca.
6. Usahakan selalu cari sumber backlink yg lain.
7. Backlinks your backlinks.

C. Kenapa Squidoo, Ezinearticles, dan Hubpages?

Jawabannya sederhana, karena ke 3 web ini adalah Authority Site. Btw utk Hubpages ente mesti punya point 75 agar linknya Dofollow, tp kalo blm punya 75 point backlink yg didapat dari hubpages adalah Nofollow. Agak sulit untuk mensubmit artikel pada 3 website ini karena peraturannya sangat ketat, tp kalo ente udah dapat link dari 3 web ini... hasilnya muantap bro .

Sebenarnya masih ada yang mau di share ttg cara membangun backlink yg benar dan backlink network, tp mata udah kriep-kriep. Ok, silahkan post komentar dan mari kita berdiskusi tentang Cara Yang Benar Membangun Backlinks.

Kalo mas bro suka dengan artikel ini, saya ga nolak jempolnya lho. Thanks

Post a Comment