Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Lama nih ngga nulis artikel tantang blogging dan ternyata banyak yang menanyakan tentang SEO... Kali ini saya bakalan share cara saya bermain SEO berdasarkan apa yang sudah saya coba. Saya bukan master SEO, saya hanya ingin berbagi pengetahuan sekaligus ingin mendapatkan koreksi dari para mastah disini...

Teknik ini saya dapatkan dari berbagai forum/produk buatan mastah2 SEO asal Indonesia mulai dari yang gratisan sampe yang berbayar, jadi saya hanya menganut ATM (amati, tiru, modifikasi)....

1. Optimasi Onpage


  • Buat artikel yang berbobot, bukan hanya enak dibaca oleh mesin pencari tapi enak juga dibaca oleh manusia sehingga nanti pengunjung mempunyai niat untuk membagikan artikel yg kita buat di situs jejaring sosial (di forum/grup yang membahas mengenai SEO sekarang banyak yg mengatakan bahwa social media mendapatkan perhatian mba google).. Selain itu, artikel kita juga bisa dijadikan rujukan. Saya bahkan mendapatkan backlink dari situs2 pemerintah .go.id untuk artikel yg saya buat (kebetulan yg bertema daerah/wisata) 
  • Panjang artikel yang biasa saya buat diatas 500 kata.
  • Masukkan related keyword dalam artikel yang dibuat (kalau saya biasa membuat heading related keyword apalagi yang pencariannya lumayan banyak)
  • Perhatikan tag heading h1, h2, h3, 
  • Image gambar mengandung kata kunci
  • Desntiy keyword yang menjadi patokan saya 1,5% sd 2,4% (paling tinggi)
  • Title, url, meta tag mengandung keyword
  • Keyword terletak di paragraf pertama dan terakhir
Terus, gimana kalau ngga bisa buat artikel yang bagus secara onpage dan enak dibaca manusia atau ngga mau ribet? Sewa saja jasa penulis artikel... Kalau ngga punya uang? Nabung dong bro....

Selesai buat artikel yang onpagenya bagus, saatnya mencari backlink... Backlink biasanya saya berikan diatas 2/3 hari setelah artikel diindex oleh mesin pencari dan saya biarkan artikel ini diindex secara natural jadi ngga kebelet ping sana sini(ini hanya pemahaman saya sendiri :) setelah itu....

Kalau persaingannya tidak ketat, artikel kita bisa langsung masuk page one tanpa backlink...

2. Optimasi Offpage


  • Cari backlink bro...  ;;)
  • Gimana cari backlink? 
  • Usahakan backlink didapatkan secara natural jangan membabi buta... Perhari saya biasanya hanya mencari backlink maksimal 15 backlink... 
  • Karena blog saya berbahasa Indoensia, maka saya mencari backlink dari situs berbahasa Indonesia.
  • Akan lebih bagus jika backlink didapatkan dari situs/blog yang memiliki nice yang sama
  • Manfaatkan forum2/web besar yang ber PR tinggi mengijinkan kita memposting artikel sambil meletakkan link. INGAT JANGAN SPAM. Agar supaya artikel tidak dihapus, saya biasanya memposting di website/forum ini dengan sesuatu yang bisa bermanfaat bagi pembaca dan tidak terkesan kita hanya mencari backlink. Dengan begitu, link/artikel yang kita buat tidak dihapus oleh moderatornya... Website/forum mana saja itu? Cthnya kompasiana dan kompas forum... forum yang lain? Googling aja bro,... liat media online besar di indonesia rata2 memiliki forum
  • Cari backlink dari social bookmark
  • Cari backlink dari blog comment high PR (nice terkait dengan keyword lebih disarankan)... Saya tidak memperhatikan PR homepagenya, tapi PR URL postingnya.. 
  • Backlink to backlink. jadi backlink yg kita buat, misalnya dari kompasiana dan forum dikasih backlinklagi bro (saya biasa menggunakan backlink dari social bookmark dan situs social media untuk hal ini)
  • Nda semuanya backlink yang saya cari bersifat dofollow. Saya biasanya mencampurnya dengan backlink nofollowUntuk backlink, selama ini saya tidak menggunakan software 
  • Anda mungkin berpikir, waduh cape dong cari backlink? Jelas capek bro... :)) Tapi rasa lelah berganti dengan tawa bahagia ketika melihat URL kita nongkrong dihalaman 1 google apalagi nomor 1.....

3. Optimasi Situs Social Media  

Untuk hal ini saya buat beberapa akun untuk 1 situs social media. Capek dong mengelolahnya? Kalau yang ini saya pake tools gan... namanya hootsuite (saya ambil yang premium, setelah sebelumnya saya coba yang free selama 3 bulan). Disini saya bisa mengelolah banyak akun sekaligus bisa schedule twit/status/posting... Postingnya saya bulkschedule, jadi saya siapkan 1 hari khusus (saya kerja 3-4 jam) dalam 1 bulan untuk bisa schedule semua...
Begitulah teknik yang saya gunakan untuk mencari visitor... yang ingin tanya URL website yang saya optimasi, mohon maaf tidak akan saya beritahukan karena ini proyek saya jangka panjang.... Saya mengelolah website ini bersama teman (membentuk TIM lebih mempermudah pekerjaan kita)

Yang ingin menambahkan, mengoreksi, memberikan kritik dan caci maki disilahkan
:))
Sumber : [Grup  Diskusi Blogger Pemula]