Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Gusi berdarah menjadi tanda bahwa terjadi masalah pada kesehatan mulut Anda. Tapi, pernahkah Anda mengalami gusi berdarah padahal menurut Anda, kebersihan serta kesehatan mulut sudah terjaga dengan baik?

Jangan bingung, gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yang tak biasa dan bahkan tidak sempat terlintas di pikiran Anda. Berikut beberapa penyebab gusi berdarah yang tidak biasa :

1. Ciuman
Apakah Anda tahu ketika sedang bergairah untuk berciuman dengan si dia, hal itu akan memicu gusi berdarah. Penyebabnya, penyakit gusi yang salah satunya berupa gusi berdarah bisa ditularkan melalui air liur.

2. Merokok
Jangan terkejut jika merokok menjadi salah stau penyebab gusi berdarah. Jika Anda merokok, Anda berada pada risiko lebih tinggi mengalami gusi berdarah karena merokok bisa menyebabkan peningkatan penyakit periodontal. Dengan menghirup asap rokok, racun akan menempel di gigi dan akan sulit untuk menghilangkannya meski dengan menyikat gigi. Oleh karena ini, racun yang menempel di gigi bisa memperburuk keadaan gusi bahkan sampai berdarah.

3. Stres
Jika Anda berada pada kondisi emosi yang tidak stabil dan rasa cemas berlebih, salah satu akibatnya yaitu gusi berdarah atau penyakit gusi lainnya. Hal ini dikarenakan saat stres, pembuluh darah agak tegang kemudian pembuluh darah tersebut akan memecah jaringan lunak di dalam mulut dan mengakibatkan gusi berdarah.

4 Hamil
Selama periode membanggakan ini, perempuan biasanya justru menghadapi situasi yang kurang menyenangkan. Karena perubahan hormonal selama kehamilan, ada kemungkinan gusi menjadi berdarah. Perubahan hormonal pada kehamilan meningkatkan risiko gingivitis atau periodontitis.

5. Diet yang salah
Mengikuti pola diet yang tidak tepat akan memberi efek kesehatan yang buruk. Jika Anda makan dengan benar, maka seluruh sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Asupan makanan juga membantu memberi nutrisi pada jaringan lunak di dalam mulut yang merupakan salah satu bagian paling rentan pada tubuh.

6. Sikat gigi
Jika Anda menyikat gigi terlalu keras, hal itu akan melukai gusi. Gusi merupakan jaringan yang lunak dan jika Anda melukainya karena menggunakan bulu sikat terlalu keras, maka gusi akan membengkak serta mengakibatkan perdarahan.


7. Gingivitis
Salah satu penyebab utama gusi berdarah adalah gingivitis. Plak dan adanya gigi berlubang membuat bakteri dalam mulut bisa tumbuh dan mengganggu kesehatan gigi serta gusi sehingga menyebabkan gusi meradang. Ada beberapa orang yang mengabaikan gingivitis karena tidak terasa menyakitkan.

8. Obat
Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan dan gusi Anda berdarah, sebaiknya tanyakan kepada dokter gigi apakah ada obat Anda yang mengakibatkan gusi berdarah. Pasalnya, ada beberapa obat yang efek sampingnya yakni meningkatkan risiko gusi berdarah.[detik]

Post a Comment